COVID-19 Delta India Masuk Wonosobo, Sehari Ada 200 Kasus Baru Positif

Kasus aktif virus corona mencapai 2.089 pasien

Wonosobo, IDN Times - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Wonosobo melonjak tajam dalam sepekan terakhir. Kondisi itu akibat adanya penyebaran virus corona varian Delta dari India sudah masuk di daerah tersebut. 

1. Dalam sepekan ada 1.425 kasus baru pasien positif

COVID-19 Delta India Masuk Wonosobo, Sehari Ada 200 Kasus Baru PositifIlustrasi petugas medis memeriksa kondisi pasien virus corona menggunakan APD. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Jaelan mengatakan, penambahan warga yang terkonfirmasi positif dalam sepekan terakhir mencapai 1.425 kasus. Adapun, rata-rata ada 203 kasus baru pasien positif COVID-19 per hari.

‘’Laju penambahan kasus positif di Kabupaten Wonosobo yang masif itu diduga kuat karena masuknya varian baru COVID-19 Delta. Salah satu tandanya dari cepatnya penyebaran dan juga tingginya angka kematian," katanya melansir Antara, Minggu (11/7/2021).

Untuk diketahui, dalam kurun waktu 10 hari belakangan penambahan kasus kematian akibat COVID-19 mencapai 36 orang. Adapun, secara akumulatif mencapai 401 kasus kematian.

"Ini cukup menggambarkan betapa cepat penambahan kasus kematian, karena dalam 10 hari saja mencapai lebih dari 10 persen akumulasi total sejak 1,5 tahun terakhir masa pandemik," jelasnya.

Baca Juga: Klaster Hajatan, 88 Orang di Wonosobo Kena COVID-19, BOR 80 Persen

2. Petugas yang melakukan tracking terbatas

COVID-19 Delta India Masuk Wonosobo, Sehari Ada 200 Kasus Baru PositifIlustrasi isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Lonjakan laju penambahan kasus COVID-19 di Wonosobo ini menyulitkan semua pihak. Apalagi, masih banyak masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Kami sampaikan bahwa saat ini kemampuan untuk melakukan deteksi atau tracking oleh petugas sangat terbatas. Lantaran sudah banyak tenaga kesehatan dan petugas surveilans yang terpapar COVID-19 juga," jelasnya.

Oleh karena itu, Jaelan mengimbau, agar masyarakat benar-benar menjalankan protokol kesehatan 5M secara disiplin. Minimal adalah dengan mengenakan masker ganda saat beraktivitas di luar rumah.

‘’Kami minta masyarakat untuk tidak mendekati kerumunan dan keramaian, karena potensi terbesar penularan corona adalah pada kondisi tersebut,’’ imbuhnya.

3. Kumulatif pasien positif COVID-19 capai 9.430 kasus

COVID-19 Delta India Masuk Wonosobo, Sehari Ada 200 Kasus Baru PositifIlustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi dini, masyarakat diminta melakukan tes usap mandiri apabila merasa telah kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 atau merasakan gejala awal seperti flu, kehilangan indera pencium atau perasa dan gejala lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo data kasus aktif sejak bulan April 2021, ditemukan setidaknya 709 kesembuhan yang belum sempat dilaporkan.

"Pada hari ini, penambahan kesembuhan mencapai 709 orang, namun hal itu bukan menggambarkan kesembuhan harian karena merupakan hasil clearing data terhadap kasus-kasus aktif yang sudah melebihi dua kali masa inkubasi atau sudah lebih dari 28 hari," kata Jaelan.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Wonosobo Naik, Rumah Sakit dan 3 Gedung Isolasi Penuh

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya