Mahasiswa UNS dan Undip Rela Naik Bus Ikut Aksi 11 April di Jakarta

BEM Undip gelar aksi lanjutan 13 April 2022 di Semarang

Semarang, IDN Times - Para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah ikut dalam aksi 11 April 2022 di Jakarta. Mereka rela menyewa bus untuk pergi ke ibu kota berpartisipasi dalam demo menuntut pemerintahan Presiden RI Joko Widodo. 

1. Mahasiswa UNS naik bus ke Jakarta untuk demo

Mahasiswa UNS dan Undip Rela Naik Bus Ikut Aksi 11 April di JakartaIlustrasi - Polisi dan BEM SI saling dorong saat Aksi Demo BEM SI di depan KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mereka rela naik bus ke Jakarta untuk turut dalam aksi yang digelar Senin (11/4/2022).

‘’Kurang lebih 25 mahasiswa berangkat ke Jakarta. Kami naik bus kolektif untuk ikut aksi,’’ kata Presiden BEM UNS, Soffan Mujahid dalam pesan singkat saat dikonfirmasi IDN Times.

Puluhan mahasiswa itu berangkat dari Surakarta ke Jakarta pada Minggu (10/4/2022) pukul 21.00 WIB. Setiba di Jakarta mereka langsung berkumpul dengan mahasiswa lain atau massa BEM seluruh Indonesia.

‘’Selain aksi turun ke jalan ini kami juga membuat aksi media di Twitter,’’ imbuhnya.

Baca Juga: Aksi 11 April 2022 di Semarang, 900 Personel dan 2 Meriam Disiagakan

2. BEM UNS suarakan aksi di media sosial

Melansir dari akun Twitter BEM UNS, @BEMUNS, organisasi mahasiswa tersebut membuat utas yang berisi tentang kegagalan pemerintah karena selama delapan tahun terakhir belum merealisasikan janji-janji politik. Mereka menyebut masih banyak permasalahan HAM di pemerintahan Jokowi.

BEM UNS menyebut, indeks demokrasi Indonesia mengalami kemerosotan hingga angka 6,3 pada tahun 2020. Angka tersebut menandakan adanya kemunduran demokrasi yang berkaitan pada pembungkaman yang dilakukan oleh rezim pemerintah kepada masyarakat lemah.

Selain itu, mereka juga menggemakan tagar #JokowiPengkhianatRakyat, karena akhir-akhir ini banyak mencuat isu tentang penambahan masa jabatan presiden RI yang muncul dari kalangan elit politik, pemerintah, DPR, dan elit-elit lainnya, yang semula hanya 2 periode, sekarang ingin ditambah menjadi 3 periode.

3. BEM Undip adakan aksi lanjutan 13 April 2022

Mahasiswa UNS dan Undip Rela Naik Bus Ikut Aksi 11 April di JakartaMahasiswa dari sejumlah Universitas mulai berdatangan di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat untuk berunjuk rasa pada Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Selain BEM UNS, para mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang juga bergabung pada Aksi 11 April 2022 yang digelar BEM seluruh Indonesia di Jakarta.

Saat dikonfirmasi, Ketua BEM Undip, Ichwan Nugraha Budjang mengatakan, para mahasiswa Undip yang berdomisili di Semarang maupun dimana saja mereka berasal ikut berpartisipasi dalam aksi 11 April 2022.

‘’Iya, betul hari ini kami ikut aksi di Jakarta. Sesuai rencana nanti tanggal 13 April akan ada aksi di Semarang,’’ tuturnya dalam pesan singkat saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (11/4/2022).

Ajakan aksi nasional itu sudah disampaikan BEM Undip melalui akun Instagram @bemundip pada Minggu (10/4/2022). Mereka juga mengajak mahasiswa Undip yang berdomisili di DKI Jakarta dan sekitarnya untuk bergabung dalam aksi nasional menuntut pemerintahan Jokowi.

Baca Juga: Polisi dan Massa Saling Dorong pada Demo Tolak Omnibuslaw di Banyumas 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya