Aksi 11 April 2022 di Semarang, 900 Personel dan 2 Meriam Disiagakan

Kondisi di Jalan Pahlawan Semarang masih kondusif

Semarang, IDN Times - Polisi menyiagakan dua mobil meriam air di sekitar kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Semarang. Penyiagaan armada tersebut menjadi bagian dari pengamanan unjuk rasa berbagai elemen mahasiswa yang direncanakan digelar Senin (11/4/2022).

1. Jalan Pahlawan Semarang masih kondusif

Aksi 11 April 2022 di Semarang, 900 Personel dan 2 Meriam DisiagakanSuasana Jalan Pahlawan Semarang saat aksi 11 April 2022. (Dok. Kamera CCTV Kominfo Semarang)

Selain dua meriam air, sebanyak 900 personel gabungan TNI dan Polri ikut disiagakan di depan kantor gubernur yang bersebelahan dengan kompleks Kantor DPRD Jawa Tengah.

Polisi juga telah merekayasa arus lalu lintas dengan menutup satu lajur di Jalan Pahlawan Semarang untuk mengantisipasi massa.

Berdasarkan pantauan IDN Times pada Senin (11/4/2022) Siang pukul 14.41 WIB melalui kamera CCTV milik Kominfo Semarang, suasana di daerah tersebut masih kondusif dan belum terlihat adanya pergerakan aksi dari kelompok tertentu.

Baca Juga: 4 Alasan Sekjen Kalau Prabowo Subianto Maju Capres 2024 Tapi Gak Turun

2. Ada 3 elemen masyarakat yang berunjuk rasa

Aksi 11 April 2022 di Semarang, 900 Personel dan 2 Meriam DisiagakanIlustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan, dari informasi yang masuk ke pihaknya, ada tiga elemen masyarakat yang akan mengadakan aksi di depan Kantor Gubernur Jateng pada Senin (11/4/2022).

Sesuai arahan Kapolri, lanjutnya, terdapat penekanan yang lebih spesifik, yakni pengamanan dilakukan secara kondusif dan humanis.

"Pengamanan dilakukan secara humanis dan menghindari benturan," katanya dilansir Antara.

3. Polisi akan humanis kawal demo

Aksi 11 April 2022 di Semarang, 900 Personel dan 2 Meriam DisiagakanIlustrasi polisi (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iqbal Alqudusy menambahkan dari informasi yang diperoleh, aksi massa akan digelar di empat daerah.

Aksi rencananya akan digelar Kota Semarang, Kota Solo, Kabupaten Rembang, dan Banyumas.

Ia menegaskan, pengamanan aksi dilakukan secara humanis.

4. Calon penumpang kereta diimbau datang awal

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimbau kepada para calon penumpang kereta api untuk bisa datang ke stasiun lebih awal. Informasi tersebut disampaikan melalui akun media sosial Twitter resmi PT KAI, @KAI121.

Hal itu sebagai antisipasi adanya aksi unjuk rasa di Semarang, yang rencananya berlangsung di kawasan Tugu Muda dan Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang.

Baca Juga: Telat Kirim Minyak Goreng ke Jateng, PT PPI Salahkan Cuaca

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya