Mutasi Corona B117 Masuk Jateng, TKI Brebes Positif, 8 Orang Isolasi

A sempat ke Brebes 2 hari sebelum balik ke Karawang lagi

Brebes, IDN Times - Mutasi virus corona asal Inggris atau dikenal B117 telah sampai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) warga Desa Kubangjati Kecamatan Ketanggungan Brebes terkonfirmasi positif setelah pulang dari Arab Saudi.

1. TKI berinisial A sempat pulang ke Brebes dari Karawang

Mutasi Corona B117 Masuk Jateng, TKI Brebes Positif, 8 Orang IsolasiIlustrasi TKI yang akan berangkat ke luar Indonesia di masa pandemik (IDN Times)

TKI berinisial A itu sempat pulang ke Brebes selama dua hari. Sebelumnya ia berada di Karawang. Informasi itu mengacu laporan Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, Jawa Barat kepada Dinas Kesehatan Kabupaten, Brebes.

Dinkes Brebes langsung tracing atau menelusuri dan melakukan tes swab kepada keluarga A.

“Sudah kita tindaklanjuti, delapan orang keluarga A juga sudah kita tracing. Mereka semua juga sudah kita ambil swab. Tapi, hasilnya belum keluar kita masih menunggu dari laboratorium,” kata Kepala Dinkes Brebes dr Sartono melansir Panturapost.com, Kamis (4/3/2021).

Saat ini, A sendiri sudah kembali ke rumah suaminya yang berada di Karawang, setelah mampir ke Brebes selama dua hari. A sendiri diduga istri dari M, pasien mutasi corona B117 yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Nasib Vaksinasi yang Belum Kelar Keburu Ada Mutasi Virus Corona B117

2. Ada 8 anggota keluarga A dites swab PCR

Mutasi Corona B117 Masuk Jateng, TKI Brebes Positif, 8 Orang IsolasiIlustrasi tes usap atau PCR swab test. IDN Times/Arief Rahman

Adapun anggota keluarga yang sempat berkontak erat fisik dengan A terus dipantau oleh Dinkes Brebes.

‘’Sudah kita pantau. Mereka semua dalam kondisi sehat sampai hari ini (Kamis 4/3/2021). Tapi kita minta mereka untuk beberapa saat waktu di rumah dulu sambil melihat perkembangan lebih lanjut. Kesehatan mereka juga terus dipantau pihak Puskesmas (setempat),” jelasnya.

Kemudian, sampel swab PCR dari keluar A sudah dikirim ke Labkesda Kementerian Kesehatan di Jakarta.

“Sampel swab PCR saat ini sedang dalam perjalanan ke Labkesda Kemenkes di Jakarta. Untuk delapan anggota keluarga yang saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah. Kebutuhan sehari-hari kita bantu, dinas terkait,” jelasnya.

3. Setelah Arab Saudi A sempat menjalani karantina di Wisma Atlet Jakarta

Mutasi Corona B117 Masuk Jateng, TKI Brebes Positif, 8 Orang IsolasiTampak Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sartono menyebut, jika mutasi virus corona tersebut merupakan hal yang lumrah. Meski demikian, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Nggak usah panik, mutasi virus itu hal lumrah terjadi. Pada prinsipnya tetap berpegang pada protokol kesehatan. Patuhi 5 M. Insyaallah tetap aman dan terlindungi,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan kronologis yang disampaikan Dinkes Brebes, TKI berinisial A setelah pulang dari Arab Saudi dinyatakan positif virus corona B117. A kemudian menjalani karantina di Wisma Atlet Jakarta hingga akhirnya dinyatakan negatif.

‘’Setelah dinyatakan negatif, A pulang (ke Brebes). Tetapi belakangan, jenis virus yang diketahui, ternyata mutasi (B117),” tandasnya Sartono. 

Baca Juga: 5 Fakta Mutasi Virus Corona Dari Inggris, Awas Infeksi Lebih Cepat!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya