Pakar Komunikasi: Pengganti Ganjar Harus Tahu Banget Soal Jateng

Ada 3 nama yang disodorkan ke Presiden RI Jokowi

Semarang, IDN Times - Presiden RI, Joko Widodo akan mengumumkan Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah pengganti Ganjar Pranowo pada pekan ini. Adapun, tiga nama sudah diusulkan DPRD Jawa Tengah kepada Jokowi. 

1. Pj Gubernur Jateng paling lambat diumumkan minggu ini

Pakar Komunikasi: Pengganti Ganjar Harus Tahu Banget Soal JatengPresiden Joko "Jokowi" Widodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dalam kunjungan di SMK Jateng di Semarang, Rabu (30/8/2023), Jokowi menyampaikan, penentuan Pj Gubernur Jawa Tengah pengganti Ganjar harus melalui mekanisme tim penilai akhir (TPA). Saat ini ia belum mengetahui siapa nama-nama yang menggantikan calon presiden dari PDI Perjuangan itu.

"Belum masuk ke meja saya. Ya paling lambat minggu ini mungkin kalau sudah masuk ke meja saya, kita putuskan," ungkapnya.

Untuk diketahui, DPRD Jawa Tengah menyodorkan tiga nama calon Pj Gubernur Jateng pada awal Agustus lalu. Tiga nama itu di antaranya Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejagung RI Tony Tribagus Spontana, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.

Baca Juga: Begini Doa Para Pendeta Gereja Pantekosta Biar Ganjar Pranowo Jadi Presiden

2. Harus memiliki pengalaman memimpin daerah

Pakar Komunikasi: Pengganti Ganjar Harus Tahu Banget Soal JatengGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan punggawa Timnas Indonesia U-22. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Pengamat komunikasi politik, Ari Junaedi menilai pengganti Ganjar harusnya memiliki pengalaman memimpin daerah dan memiliki rekam jejak kepemimpinan yang bersih.

"Jika Jawa Tengah sudah melepas Ganjar maka Jawa Tengah harus mendapat pemimpin yg sepadan,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (31/8/2023).

3. Profil 3 calon Pj Gubernur Jateng

Pakar Komunikasi: Pengganti Ganjar Harus Tahu Banget Soal JatengKepala BKKBN Hasto Wardoyo (Dok. BKKBN)

Ari melihat satu dari tiga sosok yang berpotensi menggantikan Ganjar Pranowo dilihat dari pengalaman, yakni Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

‘’Hasto punya pengalaman memimpin Kulonprogo dua periode, yakni 2011-2016 dan 2016-2019. Salah satu keberhasilannya hingga diangkat menjadi Kepala BKKN karena mampu menurunkan angka stunting nasional. Ini satu potensi bagus,’’ jelasnya.

Kemudian, dua calon Pj Gubernur Jateng, yaitu Tony Tribagus Spontana dan Sumarno. Tony merupakan Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI. Adapun sebelumnya, ia menjabat sebagai Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kemudian, nama yang tidak asing menggantikan Ganjar adalah Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. Sumarno merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang telah lama berkarier di Pemprov Jateng. Sumarno menjadi Sekda melalui lelang jabatan. Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Baca Juga: Simak Lur! Ini 3 Kandidat Pj Gubernur Jateng, Salah Satunya Kepala BKKBN

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya