Simak Lur! Ini 3 Kandidat Pj Gubernur Jateng, Salah Satunya Kepala BKKBN

Nama sekda Jateng juga masuk daftar pengganti Ganjar

Semarang, IDN Times - Masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai gubernur Jawa Tengah yang selesai pada 5 September 2023 membuat anggota DPRD bergerak cepat untuk mencari penggantinya.

Baca Juga: Lampaui Nasional, Pertumbuhan Ekonomi Jateng Kuartal II/2023 Capai 5,23 Persen

1. Tiga nama digadang-gadang jadi pengganti Ganjar

Simak Lur! Ini 3 Kandidat Pj Gubernur Jateng, Salah Satunya Kepala BKKBNKetua DPRD Jateng yang baru Sumanto berfoto dengan diapit Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ketua DPRD Jateng, Sumanto mengungkapkan setidaknya ada tiga nama yang digadang-gadang menggantikan posisi Ganjar. 

Saat ini pihaknya sudah mengusulkan tiga nama tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk selanjutnya diteruskan kepada Presiden Jokowi.

"Kriterianya ketiga orang tersebut bisa melanjutkan program-program dari Pak Gubernur. Dan itu sudah diusulkan ke Kemendagri," ujar Sumanto di gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (7/8/2023). 

2. Hasto Wadoyo dan Kepala Badiklat masuk daftar pengganti Ganjar

Simak Lur! Ini 3 Kandidat Pj Gubernur Jateng, Salah Satunya Kepala BKKBNKepala BKKBN, Hasto Wardoyo (Dok. BKKBN)

Lebih lanjut, menurutnya ketiga nama itu akan diusulkan menjadi penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah. Ia berkata nama yang diusulkan antara lain Sekda Jateng Sumarno, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo serta Kepala Badan Diklat Kejagung RI, Tony Tribagus Spontana. 

Sumanto menyatakan, ketiga nama itu telah disepakati setelah melalui rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi di DPRD Jateng turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut. 

"Ada tiga usulan calon Penjabat Gubernur Jawa Tengah. Antara lain ada nama Hasto Wardoyo Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Tony Tribagus Spontana Kepala Badan Diklat Kejagung RI dan Sumarno Sekretaris Daerah Jawa Tengah," terangnya. 

3. Sudah sesuai Permendagri Nomor 4

Simak Lur! Ini 3 Kandidat Pj Gubernur Jateng, Salah Satunya Kepala BKKBNGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyapa para anggota DPRD Jateng usai penetapan perubahan HUT Provinsi Jateng di ruang sidang paripurna. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Adanya pengusulan Pj Gubernur Jateng sesuai dengan Pasal 2 Permendagri Nomor 4 Tahun 2023. Setelah diusulkan, Presiden Joko Widodo akan menyetujui satu nama calon untuk ditetapkan menjadi Pj Gubernur Jateng.

Baca Juga: 10 Tahun Ganjar Jadi Gubernur Masih Ada PR yang Belum Rampung 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya