Peserta Tes SKD PPPK Kota Semarang Gratis Swab Antigen, Ini Syaratnya 

Dinkes turunkan petugas saat tes CPNS

Semarang, IDN Times - Peserta tes seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kota Semarang akan mendapat fasilitas tes swab antigen gratis. Fasilitas itu diberikan kepada peserta untuk memenuhi syarat mengikuti tes SKD yang akan digelar pada 19 September hingga 6 Oktober 2021.

1. Tes swab antigen gratis berlaku untuk PPPK Guru ber-KTP Semarang

Peserta Tes SKD PPPK Kota Semarang Gratis Swab Antigen, Ini Syaratnya Ilustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, pelaksanaan tes SKD bagi CPNS dan PPPK Guru di Kota Semarang wajib mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, para peserta juga wajib membawa surat hasil tes PCR atau tes antigen.

‘’Khusus peserta PPPK Guru kami akan memfasilitasi tes swab antigen gratis. Mereka bisa mendapatkannya dengan cara datang ke puskesmas di masing-masing wilayah untuk melakukan swab antigen. Namun, fasilitas ini hanya diberikan kepada mereka yang tercatat sebagai warga Kota Semarang,’’ ungkapnya, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Daftar Lokasi Jadwal dan Syarat Tes SKD CPNS di Semarang, Cek Dulu!

2. Pelaksanaan tes swab antigen dimulai H-1 tes SKD

Peserta Tes SKD PPPK Kota Semarang Gratis Swab Antigen, Ini Syaratnya Ilustrasi peserta CPNS mengikuti tes SKD CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pelaksanaan tes swab antigen gratis bagi PPPK itu dilaksanakan di masing-masing puskesmas agar tidak terjadi kerumunan. Adapun, tes swab antigen di puskesmas akan diadakan H-1 sebelum jadwal tes SKD. Peserta PPPK harus menunjukkan KTP Kota Semarang. 

Sementara, bagi peserta CPNS lainnya yang tidak mendapat fasilitas dari Dinas Kesehatan Kota Semarang bisa melakukan tes swab antigen secara mandiri di fasilitas kesehatan yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah baik di puskesmas, rumah sakit atau klinik pratama.

"Peserta CPNS lain bisa melakukan tes swab antigen secara mandiri. Tarif PCR dan antigen sudah turun sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan. PCR harganya sudah Rp 500 ribu, antigen di puskesmas sudah Rp 90 ribu dan kalau Klinik Pratama Rp 100 ribu," imbuh Hakam. 

3. Dinkes juga buka fasilitas tes swab antigen di lokasi ujian

Peserta Tes SKD PPPK Kota Semarang Gratis Swab Antigen, Ini Syaratnya Ilustrasi Test Swab (Dok. IDN Times)

Pada saat pelaksanaan tes SKD, Dinas Kesehatan akan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan surat pendukung kesehatan bagi para peserta hingga membuka fasilitas tes swab antigen di lokasi.

Pelaksanaan ujian SKD untuk CPNS dan PPPK Pemkot Semarang akan dimulai pada tanggal 19 September hingga 6 Oktober 2021 bertempat di Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sekaran, Gunungpati.

Baca Juga: 20.330 Peserta Tes SKD Berebut Kursi CPNS Kota Semarang, Saingan Ketat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya