Repro Mandiri 08 Dukung Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Gibran bisa gaet pemilih dari generasi milenial dan Z

Semarang, IDN Times - Relawan pendukung calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Bangkit (KIB), Prabowo Subianto mengusulkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres). Pendukung yang tergabung dalam Repro Mandiri 08 itu yakin Gibran bisa menjaring suara pemilih pemula pada Pilpres 2024. 

1. Jumlah pemilih milenial dan Z capai setengah juta orang

Repro Mandiri 08 Dukung Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024Ilustrasi pemilih milenial. (IDN Times/Istimewa)

Hal itu disampaikan Ketua Umum Repro Mandiri 08, Rahman Fajriansyah pada acara deklarasi dukungan dan pelantikan pengurus DPW Repro Mandiri 08 wilayah Jateng di Semarang, Rabu (23/8/2023).

"Kami selaku relawan berkeyakinan bahwa Mas Gibran menjadi pilihan terbaik untuk calon presidennya Pak Prabowo. Mengingat data dan kondisi yang ada. Apakah itu akan disetujui oleh partai politik koalisi, kami serahkan ke ketua umum partai politik," ungkapnya kepada IDN Times.

Para relawan yang merupakan alumni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dari berbagai latar belakang profesi itu menganggap Gibran penting dan mampu menarik generasi milenial dan Z. Sebab, kalangan tersebut jumlahnya mencapai lebih dari setengah juta pemilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo Terpopuler, Gibran Ngaku Tak Percaya

2. Peran dan fungsi Gibran bisa menangkan Prabowo

Repro Mandiri 08 Dukung Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

‘’Mas Gibran itu menjadi suatu kebutuhan bahwa untuk memenangkan Pilpres 2024. Peran fungsi dan kapasitas Mas Gibran menjadi hal yang sangat signifikan dalam rangka mendukung Prabowo Subianto menang Pilpres 2024,’’ ujar Rahman.

Lebih lanjut ia menuturkan, pihaknya pun sudah menyiapkan sejumlah program untuk menjaring suara dari generasi milenial dan Z.

"Kami akan mencoba membikin semacam program advokasi startup, advokasi kesejahteraan, atau membantu terkait bagaimana mendukung milenial agar masuk ke dunia kerja, atau punya pemahaman yang lebih baik dalam berpartisipasi menentukan Indonesia yang lebih baik ke depannya," jelasnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal DPP Repro Mandiri 08, Ardas Patra menyampaikan, berbekal dari pengalaman Pemilu 2019, sebanyak 55,7 persen suara berasal dari Jateng. Maka, perlu peran strategis di Jateng untuk memenangkan Prabowo.

3. Repro Mandiri 08 siapkan 265 ribu relawan

Repro Mandiri 08 Dukung Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024Relawan Repro Mandiri 08 mendeklarasikan dukungan kepada capres KIB, Prabowo Subianto di Semarang, Rabu (24/8/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

"Kalau Prabowo sebelumnya kalah, mungkin karena pilihan wakil presiden yang kurang tepat. Kedua, disebabkan mungkin karena konsolidasi yang kurang masif di tingkat TPS sehingga pengamanan suara yang ada di TPS tidak bisa berjalan maksimal," jelasnya.

Dari pengalaman itu, pendukung Prabowo dari Repro Mandiri 08 akan menyiapkan 265 ribu relawan yang disebar di 117 ribu TPS di Jateng. Mereka juga menargetkan bisa mengantongi 11 juta suara untuk Prabowo di Pemilu 2024.

Sementara, pada kesempatan itu Mukminarto dilantik sebagai Repro Mandiri 08 wilayah Jateng. Dalam kepengurusannya, relawan tersebut punya empat bidang penggalangan suara, yaitu penggalangan pondok pesantren, penggalangan UMKM, penggalangan generasi milenial dan Z, serta penggalangan wilayah pesisir

Baca Juga: Survei Prabowo Unggul, Gibran Ngaku Sudah Lakukan Instruksi Partai

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya