Jadi Cawapres Prabowo Terpopuler, Gibran Ngaku Tak Percaya

Menanggapi hasil survei LSI Denny JA

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, merespon hasil survei mengenai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, yang dirilis oleh Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA pada Senin (14/8/2023) kemarin.

Dalam survei tersebut, tingkat popularitas, Gibran Rakabuming unggul ada di angka 66,5 persen.

Baca Juga: Relawan Jokowi dan Gibran Ketemu Prabowo di Solo Usulkan Nama Cawapres

1. Tak percaya dengan hasil survei

Jadi Cawapres Prabowo Terpopuler, Gibran Ngaku Tak Percaya(Dok/LSI Denny JA)

Ditanya soal hasil survei tersebut, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut mengaku tidak percaya akan hasil survei tersebut.

"Salah mungkin surveinya, gak mungkin gak ada yang mau milih saya," kata Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, Selasa (15/8/2023).

Gibran bahkan meminta lembaga survei untuk mengkoreksi hasil survei tersebut. "Gak salah surveinya koreksi dulu saja. Gak mungkin survei salah wong saya juga gak ngapa-ngapin. Gak mugkin tinggi," jelasnya.

2. Mengaku tak lakukan kampanye

Jadi Cawapres Prabowo Terpopuler, Gibran Ngaku Tak PercayaWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal korelasi hasil survei dengan indikator suara rakyat, Gibran kembali menepisnya. Gak juga", kata Gibran singkat.

Ia bahkan kembali mempertanyakan hasil survei tersebut. Ia mengaku jika tidak melakukan kampanye apa pun.

"Gak mungkin tinggi, wong saya juga gak pernah ngapa-ngapain, gak pernah kampanye. Gak mungkin tinggi. Sangat aneh gak pernah ngapa-ngapain, mosok tinggi," ungkapnya.

3. Ada empat tokoh yang disurvei oleh LSI Denny JA

Jadi Cawapres Prabowo Terpopuler, Gibran Ngaku Tak PercayaKonferensi Pers Lembaga Survei LSI Denny JA di Jakarta, Selasa (20/12/2022). (IDNTimes/Istimewa)

Berdasarkan hasil survei oleh Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA pada Senin (14/8/2023) kemarin. Ada empat tokoh yanh disurvei yakni, Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Dari empat tokoh tersebut, tingkat popularitas Gibran berada di urutan pertama dengan angka 66,5%. Sedangkan diurutan kedua ada Erick Thohir di angka 61,8%, kemudian Airlangga Hartarto 52,3% dan Ahmad Muhaimin Iskandar di angka 43,1%.

Survei LSI Denny JA ini bertajuk 'Gibran, Generasi Milenial & Pertarungan Cawapres 2024'. Melakukan pengumpulan data survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 3-15 Juli 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Metodologi sampling yakni multistage random sampling dan dilengkapi riset kualitatif. Survei ini disebut mempunyai margin of error +- 2,9%.

Selain tingkat polularitas, LSI Denny JA juga merilis sejumlah hasil surveri dan berbeda katagori;

Kesukaan Cawapres
Gibran: 82,6%
Erick Thohir: 77,1%
Muhaimin Iskandar: 62%
Airlangga: 52,5%

Popularitas Cawapres (Jawa Tengah)
Gibran: 75%
Erick Thohir: 58,3%
Muhaimin Iskandar: 51,4%
Airlangga: 45,8%

Kesukaan Cawapres (Jawa Tengah)
Gibran: 83,3%
Erick Thohir: 78,6%
Muhaimin Iskandar: 70,9%
Airlangga: 57,4%

Baca Juga: Soal Gugatan MK, Prabowo Tiba-tiba Beri Selamat ke Gibran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya