Soal Gugatan MK, Prabowo Tiba-tiba Beri Selamat ke Gibran

Gibran sempat kebingungan 

Surakarta, IDN Times - Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto angkat bicara terkait batas usia minimum calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) 2024 harus 40 tahun yang banyak digugat berbagai pihak.

Hal tersebut disampaikan oleh Prabowo usai menghadiri acara Hari Veteran Nasional di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (10/8/2023) bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Relawan Jokowi dan Gibran Ketemu Prabowo di Solo Usulkan Nama Cawapres

1. Prabowo soal pemimpin muda.

Soal Gugatan MK, Prabowo Tiba-tiba Beri Selamat ke GibranPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bersama para Veteran di Hari Veteran Nasional di UNS. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditemui dalam acara Menteri Pertahanan tersebut mengatakan jika usia bukanlah masalah untuk menjadi pemimpin.

Prabowo bahkan memberi contoh mengenai sosok pemimpin muda yang sangat besar perananannya dalam mempertahankan kemerdekaan, yakni Brigadir Jenderal (Anumerta) TNI Ignatius Slamet Riyadi. Prabowo mengatakan jika pria berusia 22 tahun yang memimpin tentara Indonesia di Solo pada masa perang kemerdekaan melawan Belanda setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.

"Slamet Riyadi waktu berhadapan dengan Jepang masih berusia 22 tahun. Usia itu bukan masalah. Jiwanya yang penting," kata Prabowo.

Perlu diketahui, Jenderal Slamet Riyadi dengan pasukan Brigade V/Panembahan Senopati juga ikut serta dan menjadi tokoh kunci dalam menentukan jalannya pertempuran pada Serangan Umum di Solo pada 7-10 Agustus 1949.

2. Tiba-tiba Prabowo berikan selamat.

Soal Gugatan MK, Prabowo Tiba-tiba Beri Selamat ke GibranMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai menjawab pertanyaan dari awak media, Prabowo tiba-tiba memberikan selamat ke Gibran yang berdiri tak jauh dari dirinya.

"Selamat," kata Prabowo sembari menjabat tangan Gibran.

Dengan raut wajah binggung, Gibran pun, membalas dengan menunduk dan senyuman.

Lebih lanjut, ditanya soal kasus gugatan ke MK, Gibran meminta awak media untuk mempertanyakan kepada yang bersangkutan. "Ya tanya aja saya," imbuhnya.

3. Gibran mengaku bicara banyak hal

Soal Gugatan MK, Prabowo Tiba-tiba Beri Selamat ke GibranWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Terpisah, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan tidak tahu menahu soal usulan cawapres tersebut. Ia bahkan tidak menghadiri pertemuan antara relawan Jokowi-Gibran bersama Prabowo malam harinya di Ono Solo Coffe pada Rabu (9/8/2023) lalu.

"Ndak, ya siapa tahu itu bukan saya mungkin bisa Pak Emil Dardak, Mas Ibas, Mas Agus. Ya takono relawan ya, aku kan ra melu," Gibran.

Kendati demikian, Gibran mengatakan pertemuan dengan Menhan membicara banyak hal. Namun ia tidak ingin membeberkan pembicaraan tersebut. "Banyak-banyak hal tadi di jalan mau per airport banyak hal," pungkasnya.

Baca Juga: Prabowo Bicara Soal Pemimpin Muda di Hari Veteran Nasional

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya