Resmi Ditetapkan KPU, Ini Janji Hendi-Ita Untuk Warga Kota Semarang 

Fokus ke penanganan COVID-19

Semarang, IDN Times - Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu resmi akan kembali memimpin Kota Semarang sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota hingga tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menetapkan pasangan calon terpilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang pada Pemilihan Daerah Tahun 2020, Kamis (21/1/2021).

1. Tidak ada keberatan atau pelaporan ke MK dari hasil Pilwalkot Semarang

Resmi Ditetapkan KPU, Ini Janji Hendi-Ita Untuk Warga Kota Semarang Sebanyak 14 parpol di parlemen dan non parlemen mendukung pasangan Hendrar Prihadi - Hevearita G Rahayu maju ke Pilwalkot Semarang 2020. Dok. Pemkot Semarang

Penetapan tersebut dilakukan setelah tidak adanya pihak yang mengajukan keberatan terhadap hasil Pemilihan Wali Kota Semarang tanggal 9 Desember 2020 ke Mahkamah Konstitusi. Adapun, pasangan yang akrab disapa Hendi-Ita itu memperoleh suara sebanyak 716.693.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom mengatakan, perolehan suara pada Pilkada tahun 2020 cukup signifikan. Pasalnya, angka itu jauh lebih banyak dari pilwalkot-pilwalkot sebelumnya di Kota Semarang.

Baca Juga: Debat Pilwalkot Semarang, Ditanya Tagline Semarang Hendi Lupa 

2. Hendi-Ita akan memimpin Kota Semarang hingga tahun 2024

Resmi Ditetapkan KPU, Ini Janji Hendi-Ita Untuk Warga Kota Semarang Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu mengikuti debat publik penajaman visi misi yang disiarkan secara daring. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

“Pilkada 2020 adalah sejarah bagi Kota Semarang, sebab hanya diikuti calon tunggal dan bertepatan dengan musim hujan, serta dalam nuansa pandemik. Kendati demikian, warga masih mau datang ke TPS untuk menggunakan hak suara,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/1/2021).

Setelah penetapan sebagai Wali Kota Semarang yang akan bertugas hingga 2024, Hendi menyampaikan, pihaknya bersyukur dengan hasil pilwalkot yang disampaikan KPU. 

"Alhamdulillah, hari ini semuanya menjadi jelas, karena secara resmi dapat disebutkan persentase hasilnya, partisipasinya, serta jumlah suara seluruhnya. Jadi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, sehingga kami bisa mendapatkan kemenangan dengan persentase 91,56 persen," tuturnya.

3. Hendi-Ita akan fokus realisasikan janji kampanye

Resmi Ditetapkan KPU, Ini Janji Hendi-Ita Untuk Warga Kota Semarang Penghitungan suara di TPS 009 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Ke depan Hendi-Ita akan fokus berkomitmen untuk merealisasikan janji-janji kampanyenya. "Mudah - mudahan yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan baik. Semuanya jadi prioritas, terutama untuk kita bisa bangkit dari keterpurukan karena pandemik COVID-19. Dari sisi medis harus disentuh, namun di satu sisi kita tidak boleh membuat ekonomi mati. Maka, kami siapkan kebijakan agar ekonomi tetap jalan, tapi dengan disiplin protokol kesehatan," katanya.

Terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang akan berakhir pada 25 Januari 2021, Hendi menginginkan tak memperpanjang. Meskipun begitu, dirinya belum bisa menentukan kepastiannya saat ini, dan masih harus melihat perkembangan tiga hari ke depan.

"Ini kan masih hari Kamis, kita masih punya Jumat, Sabtu, Minggu. Tapi sebagai sebuah informasi, sampai hari ini, jumlah penderita COVID-19 sudah mulai menurun. Maka nanti kita lihat hari Minggu. Inginnya sih tidak memperpanjang, tapi masyarakat harus nyengkuyung bareng-bareng," tandasnya.

Baca Juga: 9 Parpol Usung Pasangan Petahana Hendi-Ita ke Pilwalkot Semarang 2020 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya