Comscore Tracker

46 Warga Tegal Kena COVID-19 Habis Rekreasi Naik Bus Rombongan Senam

Klaster baru, jumlah yang positif bertambah dan 1 meninggal

Tegal, IDN Times - Rombongan senam asal Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal terkonfirmasi positif COVID-19 usai piknik ke Purbalingga, Jawa Tengah. Jumlah orang yang terinfeksi virus corona tersebut terus bertambah dari hari ke hari.

1. Jumlah kasus positif bertambah dari 18 orang menjadi 46 orang

46 Warga Tegal Kena COVID-19 Habis Rekreasi Naik Bus Rombongan SenamIlustrasi swab test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Pada awal kasus diketahui ada 18 orang yang terpapar, tapi seiring waktu dari hasil tracing dan tracking sudah 46 orang yang positif COVID-19.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Tegal, Joko Wantoro mengatakan, pada awal kasus selain 18 orang dinyatakan positif terpapar COVID-19, ada satu orang meninggal dunia ketika menjalani perawatan di RSUD dr Soesilo Slawi.

“Awalnya, rombongan peserta senam Desa Penusupan piknik ke wahana wisata baru di Kabupaten Purbalingga pada Kamis (11/3/2021). Diperkirakan 50 orang berangkat menggunakan bus dan 8 orang lainnya menggunakan kendaraan pribadi,” ungkapnya melansir laman PanturaPost, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Setahun Pandemik, Kasus Aktif COVID-19 Jateng Tembus 43.187 Orang 

2. Berawal dari salah satu peserta yang mengalami batuk, pilek, dan badan lemas

46 Warga Tegal Kena COVID-19 Habis Rekreasi Naik Bus Rombongan SenamIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sepulang dari piknik, lanjut Joko, seorang perempuan rombongan, berinisial W (40) mengalami gejala batuk, pilek, badan lemas dan tidak enak badan pada Sabtu (20/3/2021). W kemudian dilarikan ke RSUD dr Soeselo Slawi.

Hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), W dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 dengan disertai komorbid dan meninggal dunia pada Kamis (25/3/2021) sekitar pukul 06.26 WIB di rumah sakit tersebut.

“Sejak Sabtu (20/3/2021), petugas kesehatan Puskesmas Penusupan melakukan penelusuran, pelacakan dan pengetesan pada peserta senam dan kontak eratnya. Sejumlah 67 orang dengan hasil temuan 18 orang positif COVID -19 dan empat orang negatif,’’ jelasnya.

3. Kontak erat menolak untuk di tes swab

46 Warga Tegal Kena COVID-19 Habis Rekreasi Naik Bus Rombongan SenamIlustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pada Sabtu (27/3/2021), jumlah orang terkonfirmasi positif virus corona kembali bertambah menjadi 46 orang. 

Sayangnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal masih mengalami kendala dalam penanganan pada klaster COVID-19 grup senam di Desa Penusupan itu. Sebab, sejumlah peserta piknik maupun kontak eratnya, sampai masih ada yang menolak untuk dilakukan swab

“Ada beberapa orang yang sampai saat ini menolak. Namun saya belum pasti jumlahnya berapa, nanti saya cek lagi. Kalau tidak mau di-swab sebaiknya kampung itu di-lockdown,” tegas Joko.

4. Semua pasien masih dalam kondisi positif virus corona dan dirawat

46 Warga Tegal Kena COVID-19 Habis Rekreasi Naik Bus Rombongan SenamRumah sakit rujukan COVID-19, RSPI Sulianti Saroso. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara itu, Juru Bicara Puskesmas Penusupan, dokter Suci Nirmala Dewi turut membenarkan jika jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi 46 orang. Padahal pada Sabtu (27/3/2021) jumlah positif masih berjumlah 21 orang.

“Sabtu malam kami mendapatkan informasi lagi hasil swab sudah keluar dan sekarang sudah menjadi 46 orang yang positif. Sampai saat ini belum ada yang sembuh. Dirawat di rumah sakit 8 orang dan isolasi mandiri 10 orang,” tuturnya.

Baca Juga: RS di Semarang Tutup Ruang Perawatan: COVID-19 Naik saat Libur Panjang

https://www.youtube.com/embed/rBdJwS-tXHM

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya