32 Ribu Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung Sejak Pemberlakuan One Way 

Satu arah mulai dari Cikampek hingga Semarang

Semarang, IDN Times - Sebanyak 32.564 kendaraan dari arah Jakarta tercatat telah memasuki Jalan Tol Kalikangkung menuju ke Ibu Kota Jawa Tengah sejak penerapan sistem satu arah pada Selasa siang (18/4/2023) hingga Rabu pukul 06.00 WIB menurut data Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Masuk Tol Kalikangkung Diperkirakan H-3 Lebaran

1. Kepadatan kendaraan tertinggi terjadi Selasa malam

32 Ribu Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung Sejak Pemberlakuan One Way Ilustrasi gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Kepala Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang Iptu Rudyanto mengatakan kepadatan lalu lintas kendaraan tertinggi terjadi pada Selasa (18/4/2023) pukul 20.00 hingga 22.00 WIB dengan total 5.444 kendaraan yang melintas.

"Arus kendaraan sedikit mengalami penurunan mulai dini hari hingga pagi ini," katanya.

Hingga Rabu pagi, sistem satu arah masih diterapkan bagi kendaraan dari arah barat yang menuju ke Jalan Tol Kalikangkung.

2. Penerapan one way diperpanjang hingga Rabu

32 Ribu Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung Sejak Pemberlakuan One Way Petugas kepolisian berjaga di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/4/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Sementara itu, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan bahwa penerapan sistem satu arah dari arah barat menuju ke Jalan Tol Kalikangkung yang seharusnya selesai pada Selasa pukul 24.00 WIB diperpanjang hingga Rabu siang.

"Berdasarkan diskresi kepolisian dan prediksi peningkatan lalu lintas, one way (sistem satu arah) masih akan dilanjutkan," katanya.

Perpanjangan penerapan sistem saru arah, menurut dia, rencananya dilakukan hingga Rabu pukul 12.00 WIB.

Bila hingga tiga jam sebelum masa perpanjangan berakhir peningkatan arus kendaraan masih signifikan, ia melanjutkan, maka ada kemungkinan rekayasa lalu lintas diterapkan lagi.

3. Satu arah bakal diberlakukan selama tiga hari

32 Ribu Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung Sejak Pemberlakuan One Way Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan lintas sektoral terkait meninjau Pelabuhan Merak (dok. Humas Polri)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memantau pergerakan para pemudik pada Selasa (18/4/2023) sore menyatakan lonjakan kendaraan yang masuk ruas Tol Kalikangkung telah mencapai 30.000 unit. 

"Sampai hari ini, dari awalnya hanya kisaran 10.000 kendaraan, tapi saat sore sudah sebanyak 30.000 unit. Jumlahnya suda mendekati angka kenaikan 300 persen. Dan mencapai puncaknya diperkirakan nanti malam atau besok. Berdasar pengalaman tahun lalu kendaraan yang melintasi di sini di angka 60 ribu," kata Listyo. 

Listyo menyebut bahwa sistem one way telah diberlakukan personel kepolisian dari ruas Tol Cikampek sampai gerbang Tol Kalikangkung. 

Pemberlakuan one way diterapkan selama tiga hari dengan waktu operasional one way mulai jam 12.30 WIB dan berakhir jam 20.04 WIB. 

"One way dari Tol Cikampek sampai Kalikangkung. Jika ada beban kendaraan yang bertambah maka akan ada one way lokal. Tentunya ini nantinya berdampak kepada pengguna jalan lainnya. Kemungkinan bagi yang berjalan mudik ke arah barat," tutur Listyo.

4. One Way bisa diperpanjang hingga pintu tol Bawen

32 Ribu Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung Sejak Pemberlakuan One Way Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan arahan kepada personelnya untuk mencegah munculnya tiga konflik selama 2022. (Dok Humas Polda Jateng)

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sebelumnya mengatakan pada puncak arus mudik diprediksi kendaraan yang masuk gerbang Tol Kalikangkung tersebut diperkirakan sebanyak 3.000 kendaraan per jam di saat jam puncak.

"Beban arus diperkirakan akan capai 3.000 kendaraan per jam saat puncak," kata Kapolda.

Menurut dia, saat puncak arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung tersebut bersamaan dengan pemberlakuan arus satu arah dari barat.

"Manakala di Kalikangkung nanti beban lalu lintas masih berat, akan dilakukan one way lokal hingga Pintu Tol Bawen," katanya.

Baca Juga: Detik-detik Cuti Bersama, Kendaraan Pemudik yang Lewat Tol Kalikangkung Naik 3 Kali Lipat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya