Festival Lampion Bakal Jadi Penutup Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Puncak perayaan Waisak dihadiri Bikkhu dari mancanegara

Magelang, IDN Times - Rangkaian perayaan hari Raya Waisak bakal ditutup dengan festival dan pelepasan lampion yang akan dilangsungkan di Candi Borobudur, Magelang, Minggu (4/6/2023). Puncak perayaan hari raya Waisak 2567 BE tahun ini juga bakal dihadiri para Bikkhu dari mancanegara 

Baca Juga: 3.635 Polisi Amankan Perayaan Waisak di 114 Titik Tempat Ibadah Jateng

1. Puncak perayaan Waisak dihadiri Bikkhu mancanegara

Festival Lampion Bakal Jadi Penutup Perayaan Waisak di Candi BorobudurSeorang biksu memimpin rombongan saat berjalan kaki melewati Jalan Piere Tendean, Semarang Tengah. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo mengatakan bahwa perayaan Waisak nanti akan menghadirkan banyak Bikkhu dari manca negara seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.

"Merupakan suatu kebanggaan bahwa Candi Borobudur telah resmi menjadi tempat ibadah umat Buddha, bukan hanya bagi umat Buddha Indonesia, tapi juga umat Buddha dunia," ucap Wibowo melansir dari website resmi Kementerian Agama.

Sebelumnya pada rangkaian perayaan Waisak tahun ini juga telah dilakukan tradisi Thudong para Bikkhu yang berjalan dari Thailand ke Candi Borobudur.

"Ada tradisi Thudong dimana para Bikkhu berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia menuju ke Candi Borobudur," lanjutnya.

2. Festival dan pelepasan lampion bakal dilangsungkan pada Minggu

Festival Lampion Bakal Jadi Penutup Perayaan Waisak di Candi BorobudurPotret Festival Waisak Borobudur (twitter.com/waisakborobudur)

Hari Raya Waisak tahun ini bakal menjadi simbol kebersamaan umat Buddha, dimana dua organisasi keagamaan Budha terbesar di Indonesia, Walubi dan Permabudhi berkomitmen untuk merayakan Hari Raya Waisak secara bersama-sama.

"Tidak mementingkan ego masing-masing, tapi mengutamakan sikap toleransi dan kebersamaan," ujarnya.Detik-detik Waisak di Indonesia akan dirayakan pada Minggu 4 Juni 2023 pukul 10.41. WIB.

Rangkaian acara peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yakni
mulai dari acara bakti sosial pengobatan gratis pada tanggal 30 dan 31 Mei 2023, Api dharma di Mrapen, Grobogan, dan Ritual pensakralan di Candi Mendut pada tanggal 2 Juni 2023, Pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, dan ritual pensakralan Candi Mendut pada tanggal 3 Juni 2023, kemudian acara Kirab Waisak Candi Mendut ke Candi Borobudur, Detik-Detik Waisak, Pradaksina Candi Borobudur, dan Pelepasan Lampion Waisak pada tanggal 4 Juni 2023.

Acara festival pelepasan lampion merupakan pertanda penutupan perayaan Waisak 2567 BE tahun 2023. Festival lampion di Borobudur ini juga bisa diikuti oleh masyarakat umum.

3. Sebanyak 3.635 polisi amankan perayaan Waisak di 114 titik tempat ibadah di Jateng

Festival Lampion Bakal Jadi Penutup Perayaan Waisak di Candi BorobudurIlustrasi Brimob. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Sebanyak 3.635 aparat kepolisian gabungan dipastikan bersiaga penuh untuk meningkatkan keamanan selama perayaan Waisak 2657 BE.

Polda Jateng menyebutkan ribuan polisi akan disiagakan saat pelaksanaan ibadah Waisak digelar dk ratusan vihara yang ada di Jateng pada Minggu (4/6/2023).

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, puncak perayaan Waisak sendiri akan ditandai dengan kegiatan prosesi dan detik-detik perayaan Waisak.

"Pada puncak ibadah di hari Minggu (4/6) kami terjunkan 3.635 personel gabungan untuk mengamankan 16.711 peserta ibadah yang tersebar di 114 titik tempat ibadah di seluruh Jawa Tengah," ujar Iqbal, Rabu (31/5/2023). 

Puncak perayaan Waisak, katanya akan diadakan di pelataran Candi Mendut dan Candi Borobudur. 

Baca Juga: 5 Tips Rayakan Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur  

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya