Profil Said Hidayat, Bupati Boyolali Menang Telak Lawan Kotak Kosong

Pengusaha minyak yang menjadi bupati

Said Hidayat merupakan Boyolali yang mulai menjabat sejak tahun 2021. Sebelumnya Ia merupakan Wakil Bupati yang mendampingi Seno Samodro. Kabupaten Boyolali sendiri terdiri dari 19 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 261 Desa.

Baca Juga: Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota Solo

1. Perjalanan Said Hidayat Sebagai Bupati Boyolali

Profil Said Hidayat, Bupati Boyolali Menang Telak Lawan Kotak KosongBupati Boyolali, M. Said Hidayat saat melihat secara langsung vaksinasi remaja di SMP N. 1 Boyolali. Jumat (23/07/2021). (boyolali.go.id)

Bupati yang memiliki nama lengkap Mohammad Said Hidayat ini lahir pada tanggal 7 September 1972 di Boyolali. Lelaki yang semula mengawali karir sebagai pengusaha dalam bidang migas atau agen minyak dan elpiji di Boyolali.

Selain itu ia juga pernah menjadi Anggota Badan Pengawas PDAM Boyolali hingga akhirnya terpilih menjadi Bupati Boyolali.

2. Alumni UNS yang diusung PDIP menjadi bupati

Profil Said Hidayat, Bupati Boyolali Menang Telak Lawan Kotak KosongGerbang UNS Solo. (Dok. Wikimedia.org/Bennylin)

Dirinya merupakan alumni dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 2009-2013, sebelumnya mengenyam pendidikan di SDN 1 Boyolali pada tahun 1979-1985, MTSN Bekonang, Sukoharjo di tahun 1985-1988 dan MAN Surakarta 1988-1991.

Dirinya terpilih sebagai bupati Boyolali pada periode 2021-2025 setelah sempat menjadi Wakil Bupati Boyolali di tahun 2015-2020.

Said menjadi pemenang dalam pilkada 2020 sebagai politisi di partai PDIP Boyolali. Pria berumur 49 tahun ini unggul dari kotak kosong sebanyak 95,6 persen suara, jalan mulusnya sebagai Bupati Boyolali ini telah mengalami perjalanan yang panjang melalui beberapa tahapan.

3. Sebelum menjadi bupati merupakan pengusaha minyak

Profil Said Hidayat, Bupati Boyolali Menang Telak Lawan Kotak KosongBupati Boyolali M. Said Hidayat saat memberikan keterangan kepada wartawan di SMP N. 1 Boyolali, Jumat (23/7/2021). (boyolali.go.id)

Meskipun namanya sudah lebih dulu dikenal dalam dunia politik karena sempat menjadi Wakil Bupati mendampingi Seno Samodro. Namun ia merupakan seorang yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha agen pertamina di kampung halamannya, Boyolali. Bukan sebentar, ia menjadi seorang pengusaha sudah puluhan tahun.

Pria yang akrab disapa Said ini ternyata dikenal sebagai seorang yang religious terlihat dari latar belakang pendidikannya yang berbau agama. Sang Bupati ini tinggal di Jalan Pemuda nomor 43 Rt02/Rw 005 Siswodipuran, Boyolali. Perjalanan karir nya dimulai menjadi agen minyak pertamina tahun 1995-2009, agen elpiji pertamina tahun 2009-2015.

Selain itu dirinya juga pernah menjadi anggota badan pengawas PDAM Boyolali pada tahun 2006-2010. Akhirnya ia pun memutuskan untuk mendampingi Bupati Boyolali kala itu pada periode sebelumnya 2016-2021.

4. Tak hanya PDIP Said juga didukung lima partai di pilkada Boyolali

Profil Said Hidayat, Bupati Boyolali Menang Telak Lawan Kotak Kosongdok. KPU

Setelah waktu mendekati hari pemilihan kepala daerah atau pilkada 2020, calon bupati dan wakil bupati boyolali masih terlihat adem. Meskipun PDIP telah menjadi pemenang mayoritas di DPRD karena berhasil menduduki 35 kursi dari 45 kursi yang tersedia.

Bupati sebelumnya Seno Kusumoarjo menyebut jika saat ini banyak nama yang pantas untuk menjadi calon Bupati.

Akhirnya kota yang memiliki julukan kota susu ini berhasil mendapati calon Bupati yang mengawali karir nya sebagia pengusaha.

Said bersama wakilnya Irawan diusung oleh PDIP dalam pilkada tersebut, bukan hanya partai berlambang banteng saja yang mendukung ada lima partai lain yang turut mendukung.

5. Said - Irawan menang telak melawan kotak kosong

Profil Said Hidayat, Bupati Boyolali Menang Telak Lawan Kotak KosongIlustrasi kotak suara. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Disebutkan jika pada saat pilkada pemilihan Bupati Boyolali pasangan ini melawan kotak kosong. karena beberapa pasangan calon bupati sebelumnya tidak memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan.

Beberapa berkas akhirnya ditolak hingga muncul satu pasangan calon yakni Said dan Irawan.

Akhirnya mereka maju dalam pilkada 2020 dan berhasil terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Boyolali.

Itulah ulasan singkat tentang biodata dan perjalanan lengkap Bupati Boyolali periode 2021-2025 yang sempat mengawali karir dalam bidang usaha minyak dan gas. Saat ini pasangan bupati sedang menjalankan tugasnya untuk membangun Boyolali yang lebih maju.

Baca Juga: Profil Achmad Husein dan Riwayat Perjalanan Bupati Banyumas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya