Comscore Tracker

Wali Kota Tegal Borong Lalu Makan Coklat yang Hampir Kedaluwarsa

Operasi makanan jelang Natal dan Tahun Baru

Laporan Haikal Adithya

Tegal, IDN Times - Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono memborong cokelat batangan di sebuah toko swalayan, saat melakukan sidak makanan dan minuman jelang Natal dan Tahun Baru, Rabu (18/12) siang.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, POM Banyumas Temukan Makanan Kedaluwarsa

1. Coklat hampir expired dibuka lalu dimakan Wali Kota

Wali Kota Tegal Borong Lalu Makan Coklat yang Hampir KedaluwarsaWali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono memborong coklat batangan di sebuah toko swalayan, saat melakukan sidak makanan dan minuman jelang Natal dan Tahun Baru, Rabu (18/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Dari hasil pantauan IDN Times, Walikota membeli cokelat tersebut karena masih terpajang di sebuah lemari pendingin. Padahal, batas waktu kedaluwarsa tinggal satu minggu lagi.

Atas inisiatifnya, cokelat tersebut kemudian dibuka dan langsung dimakan Wali kota tanpa ada rasa takut. Bahkan, cokelat itu dibagikan kepada sejumlah wartawan yang mengikuti sidak.

"Jika tidak segera ditarik dari edaran, lebih baik dibeli dan dimakan bersama-sama saja. Ini mas, teman-temannya dikasih," katanya.

2. Temukan makanan dengan izin PIRT lawas

Wali Kota Tegal Borong Lalu Makan Coklat yang Hampir KedaluwarsaWali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono memborong coklat batangan di sebuah toko swalayan, saat melakukan sidak makanan dan minuman jelang Natal dan Tahun Baru, Rabu (18/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Selain mendapati cokelat yang nyaris expired, dalam sidak tersebut petugas mendapati sejumlah produk makanan yang dilengkapi dengan izin Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) yang sudah lawas.

Atas temuan tersebut, petugas meminta kepada pemilik swalayan untuk menarik produk tersebut agar tidak dibeli konsumen. Sementara untuk produk yang masih menggunakan izin lama diminta untuk segera memperbarui.

3. Penjual sudah melapor ke produsen

Wali Kota Tegal Borong Lalu Makan Coklat yang Hampir Kedaluwarsasajiansedap.grid.id

Menanggapi hal itu, pemilik toko swalayan, Beni mengaku sudah melaporkan kepada produsen produk yang dianggap bermasalah. Namun, hingga saat ini belum ada tindaklanjut dari beberapa produsen makanan tersebut.

"Sudah kita laporkan, tetapi marketingnya belum ada yang ke sini," tegas Ben-ben kepada wartawan.

Operasi makanan dan minuman ini akan gencar dilakukan Pemerintah Kota Tegal menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Dengan adanya beberapa temuan, warga diminta untuk lebih waspada saat membeli makanan maupun minuman.

Baca Juga: Ternyata Test Pack Itu Bisa Kedaluwarsa Lho, Ini Alasan Ilmiahnya!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya