Waspada Hujan dan Angin Kencang, di Tegal Reklame Roboh

Ruang aula rusak tertimpa pohon cemara

Laporan Haikal Adithya

Tegal, IDN Times - Musim penghujan masyarakat diimbau untuk selalu waspada saat terjadi hujan deras dan angin kencang. Di Tegal sebuah papan reklame berukuran besar roboh dan sejumlah pohon tumbang setelah hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kota Tegal, Minggu (22/12) sore.

Bahkan, Markas PMI setempat porak poranda akibat tertimpa pohon cemara.

Baca Juga: Angin Kencang, Pohon Kelapa Tiba-tiba Timpa Rumah Warga di Kebumen

1. Papan reklame yang roboh menutup badan jalan dan mengakibat arus lalu lintas tersendat

Waspada Hujan dan Angin Kencang, di Tegal Reklame RobohReklame yang tumbang di Jalan Sultan Agung, Kota Tegal akibat hujan deras dan angin kencang, Minggu (22/12). IDN Times/Haikal Adithya

Papan reklame yang tumbang tersebut mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di dalam kota di Jalan Sultan Agung, Kota Tegal. Papan reklame berukuran besar yang tumbang akibat hujan dan angin kencang tersebut roboh menutupi badan jalan.

Para pengguna jalan harus ekstra bersabar berbagi lajur, lantaran hampir sebagian lajur tertutup oleh reklame. Dari data yang dihimpun, reklame roboh saat arus lalu lintas dalam keadaan sepi, lantaran berbarengan dengan hujan deras.

2. Hujan deras juga merobohkan pepohonan

Waspada Hujan dan Angin Kencang, di Tegal Reklame RobohPetugas tengah membersihkan pohon-pohon yang tumbang di Kota Tegal akibat hujan deras dan angin kencang, Minggu (22/12). IDN Times/Haikal Adithya

Selain merobohkan reklame, hujan deras disertai angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon di wilayah Kota Tegal, termasuk di komplek RSUD Kardinah. Bahkan, salah satu pohon cemara roboh menimpa atap Markas PMI hingga porak poranda.

Dari pantauan IDN Times, pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi hingga menutup sebagian jalan. Dianatranya yakni di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Kolonel Sudiarto, Jalan Setiabudi dan kawasan GOR Wisanggeni.

3. Pohon cemara timpa atap Markas PMI dan mengakibatkan kerusakan ruang aula

Waspada Hujan dan Angin Kencang, di Tegal Reklame RobohAtap markas PMI Kota Tegal rusak akibat hujan deras dan angin kencang di Kota Tegal akibat hujan deras dan angin kencang, Minggu (22/12). IDN Times/Haikal Adithya

Sementara itu, pohon cemara yang menimpa atap Markas PMI memporak-porandakan ruang aula dan ruang tengah. Akibatnya, jaringan listrik mengalami kerusakan. Beruntung, ruang penyimpanan darah tak terdampak pohon tumbang.

“Ada tiga pohon cemara yang roboh di komplek rumah sakit. Salah satunya menimpa atap bangunan kami dan mengenai ruang aula serta ruang tengah,” kata Kepala Markas Pmi Kota Tegal, Joko Triatmojo.

Banyaknya pohon tumbang yang hampir sebagian besar menutup jalan langsung direspon cepat Tim BPBD setempat dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim). Para petugas bergegas melakukan evakuasi pohon tumbang dan beberapa jaringan kabel yang terputus.

Baca Juga: Petani di Purbalingga Tertimpa Pohon saat Hujan Deras Angin Kencang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya