UIN Saizu Tandatangani Kerjasama dengan UT

Wisuda program diploma dan sarjana

Banyumas, IDN Times - Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Universitas Terbuka, Rabu (28/2/2024).

Nota Kesepahaman dilakukan Rektor UIN Saizu Purwokerto Prof Ridwan dan Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat disela kegiatan Wisuda Program Diploma dan Sarjana di Hotel Java Heritage Purwokerto.

Selain dengan Rektor UIN Saizu Purwokerto, Universitas Terbuka juga menggandeng sejumlah kampus lain di Kota Purwokerto, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen.

Baca Juga: KKN Mahasiswa UIN Saizu ke Tegal, Ikut Tangani Stunting 

1. Status satker badan layanan umum

UIN Saizu Tandatangani Kerjasama dengan UTKampus UIN Saizu Purwokerto saat ini telah berstatus sebagai Satuan Kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU). (IDN Times/Foto : Safrudin Aziz)

Rektor UIN Saizu Purwokerto Prof Ridwan menyampaikan, lingkup kerjasama dua universitas tersebut lebih kearah kolaborasi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Baik dalam hal penelitian, pembelajaran, pengabdian dan lainnya. Melalui kerjasama itu, kedua lembaga ingin kerjasama sinergis itu terus terjalin.

Disebutkan, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), pihaknya tentu sangat terbuka dalam melakukan kerjasama dengan lembaga manapun. Apalagi Kampus UIN Saizu Purwokerto saat ini telah berstatus sebagai Satuan Kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU).

Berbagai bidang akan membersamai kerjasama kedua lembaga, antara lain dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu peningkatan dan pemberdayaan sumber daya dan kegiatan lainnya.

2. UT pelopor pendidikan tinggi jarak jauh

UIN Saizu Tandatangani Kerjasama dengan UTRektor UT sebut kampusnya merupakan pelopor kuliah jarak jauh, Rabu (28/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat menyebut, UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Ojat juga mengatakan kampusnya sekaligus menjadi pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Indonesia, yang memiliki komitmen kuat untuk terus meningkatkan kualitas di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antarlembaga, serta menguatkan kolaborasi di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

3. Wisuda 584 mahasiswa

UIN Saizu Tandatangani Kerjasama dengan UTSebanyak 584 mahasiswa diwisuda di aula kampus UIN Saizu pada Selasa (27/2/2024).(IDN Times/Foto : Safrudin Aziz)

Sebelumnya sebanyak 584 mahasiswa UIN Saizu Purwokerto telah resmi diwisuda di Auditorium Kampus setempat, Selasa (27/2/2024).

Rektor UIN Saizu Purwokerto, Prof Ridwan menyebutkan, gelar dan status baru menandai adanya amanah baru, tugas baru dan tanggungjawab baru untuk diimplementasikan dalam kerangka mengisi pembangunan nasional.

Saat itu rektor berpesan pada para wisudawan agar secara aktif melakukan sosialisasi eksistensi UIN Saizu, sehingga Kampus UIN Saizu menjadi destinasi studi masyarakat luas. Dia sangat yakin lulusan akan mampu membuktikan diri sebagai sarjana, magister dan doktor UIN Saizu yang mampu berkontribusi produktif untuk kemajuan Indonesia menuju Indonesia emas 2045.

 

Baca Juga: Dapat Rekom Kemendikbud, UIN Saizu Purwokerto Miliki Prodi Umum

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya