Adik Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes di Lereng Gunung Balak Magelang

Diajak diskusi soal kebangsaan bersama santri

Magelang, IDN Times - Presidium Relawan Prabowo Subianto (PRPS) mulai bergerilya mencari dukungan untuk pemenangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Jawa Tengah. Salah satunya mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Suryabuana di Magelang.

1. Langkah awal menjaga hubungan baik

Adik Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes di Lereng Gunung Balak MagelangPelindung PRPS, Hashim S Djojohadikusumo (tengah) saat mengunjungi Ponpes Suryabuana di Magelang. (Dok. Tim PRPS)

Kunjungan tersebut dilakukan langsung oleh Pelindung PRPS, Hashim S Djojohadikusumo, yang datang dan berkenalan dengan pemimpin ponpes Suryabuana, Kanjeng Syeh Sirulloh.

Ia mengaku, hal tersebut menjadi langkah awal untuk menjalin hubungan baik bagi kedua belah pihak karena ponpes tersebut rutin menggelar diskusi kebangsaan.

"Prinsip yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta Tanah Air dan diperkuat dengan pengetahuan agama, menjadikan kita warga negara yang mumpuni. Para santri/santriwati yang dimodali dengan nilai-nilai itu, saya percaya Indonesia dapat menjaga bangsa dan negara dari pengaruh yang buruk,” kata adik Prabowo Subianto itu dilansir keterangan resmi, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Ganjar Tak Ambil Pusing Soal Pertemuan Prabowo dengan Relawan Jokowi

2. Pemuda bagian penting membentuk bangsa

Adik Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes di Lereng Gunung Balak Magelangilustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Hashim menyatakan bahwa penguatan nilai kebangsaan di antara kaum muda menjadi salah satu pokok pemikiran dan prinsip yang menjadi perhatian besar capres Prabowo Subianto. Pasalnya, pemuda merupakan bagian penting dari masyarakat Indonesia, yang berperan membentuk masa depan bangsa.

“Oleh karena itu, pemuda perlu terlibat dalam berbagai aktivitas untuk mengembangkan potensi diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” ujarnya yang juga Wakil Pembina Partai Gerindra.

3. Nilai kebangsaan tidak perlu dipertentangkan

Adik Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes di Lereng Gunung Balak MagelangPelindung PRPS, Hashim S Djojohadikusumo (kanan) bersama Pemimpin Ponpes Suryabuana, Kanjeng Syeh Sirulloh di Magelang. (Dok. Tim PRPS)

Pertemuan Hashim dengan Kanjeng Syeh Sirrulloh tidak hanya semata bertamu. Keduanya terlibat diskusi bertema "Mencari Sosok Pemimpin Adil Menuju Kebangkitan Indonesia” di ponpes tersebut, Sabtu (3/6/2023).

Kanjeng Syeh Sirulloh menjelaskan, diskusi tersebut bermakna dan mempunyai harapan besar untuk kelangsungkan dan kekokohan NKRI di masa mendatang. Dirinya juga  mengapresiasi kedatangan Hashim yang bersedia menerima aspirasi dari kalangan ponpes selama diskusi tersebut.

“Nilai-nilai kebangsaan dan kemanusian tidak perlu dipertentangkan dengan nilai keagamaan, baik itu Islam maupun agama lain. Nilai Islam yakni perdamaian itu selaras dengan nilai kebangsaan yang juga mempromosikan persatuan,” ungkapnya.

4. Ponpes Suryabuana berjarak 15 km dari Magelang

Adik Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes di Lereng Gunung Balak MagelangIlustrasi Ponpes. IDN Times/Galih Persiana

Ponpes Suryabuana, yang menjadi ponpes pertama yang dikunjungi Hashim pada 2023.

Ponpes tersebut berlokasi di lereng Gunung Balak, sebuah bukit kecil yang berada di desa Losari, kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, yang jaraknya 15 kilometer arah Timur dari kota Magelang.

Ponpes Suryabuana berada di bawah Yayasan Bakti Umat dan merupakan pusat kegiatan tarekat Qodiriyyah Wa Naqsabandiyyah yang menyelenggarakan Manakib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang dihadiri jemaah dari berbagai wilayah seperti Kabupaten Magelang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Demak.

Baca Juga: Makan Malam Berdua sama Puan, Gibran Bahas Pertemuan dengan Prabowo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya