Belanja Online untuk Ibu dan Anak di Demak dan Rembang Naik 1,5 Kali

Mainan edukasi kayu menjadi favorit

Semarang, IDN Times - Manfaat mainan balok susun tidak hanya dapat mengasah kemampuan motorik kasar dan halus, namun juga meningkatkan kemampuan kognitif anak. Makanya, tidak heran jika banyak orangtua yang mempertimbangkan untuk membeli mainan edukasi anak tersebut.

1. Mainan bagus untuk tumbuh kembang anak

Belanja Online untuk Ibu dan Anak di Demak dan Rembang Naik 1,5 KaliIlustrasi mainan kayu anak. (Dok. Tokopedia)

Psikolog Anak, Cecilia Sinaga mengatakan, permainan balok kayu diakuinya dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

“Karena kayu balok dapat menjadi media untuk melatih konsentrasi pada anak. Melalui berbagai macam bentuk dan warna balok, anak dapat memahami pola. Sehingga mereka dapat mempelajari strategi dan mencari solusi ketika menyusun balok,” ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Dear Warga Suku Anak Dalam, Yang Mau Kuliah Daftar Kampus Ini, Gratis!

2. Cara mendekatkan orangtua dan anak

Belanja Online untuk Ibu dan Anak di Demak dan Rembang Naik 1,5 KaliUnsplash.com/@ilumire

Ia menambahkan, selain dapat mengetahui karakter buah hati, fungsi lain mainan balok kayu adalah untuk menciptakan kedekatan dan kepercayaan anak kepada orangtua.

"Jadi ketika anak bermain, orangtua cukup amati dan memberi solusi ketika ia membutuhkan bantuan untuk menyusun balok kayu yang dimainkan. Selain itu, beri apresiasi agar dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak,” tambahnya.

3. Mainan balok kayu belum populer

Belanja Online untuk Ibu dan Anak di Demak dan Rembang Naik 1,5 Kaliilustrasi mainan anak (Pexels.com/Mike)

Salah satu pelaku usaha Tokopedia asal Kota Semarang, Letteringandlife yang menjual mainan balok kayu mengaku mendapat tantangan dalam berjualan mainan edukasi itu.

“Saat berjualan pada 2019, produk kami bukan mainan edukasi populer. Sehingga kami sering mengedukasi pembeli bahwa mainan kayu dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak,” ucap pemilik Letteringandlife, Lia Oktaviani Handoko.

4. Transaksi di Demak dan Rembang melonjak 1,5 kali

Belanja Online untuk Ibu dan Anak di Demak dan Rembang Naik 1,5 KaliIlustrasi mainan kayu anak yang dijual di fitur Tokopedia Parents. (Dok. Tokopedia)

Layanan Tokopedia menyediakan fitur Tokopedia Parents yang beriis ekosistem khusus untuk mempermudah masyarakat khususnya para orangtua untuk mendapatkan informasi relevan berkaitan dengan keluarga dan rumah tangga. Termasuk mainan edukasi anak yang dijual oleh Letteringandlife.

Head of Category Development (Mom and Baby, Home and Living) Tokopedia, Ramadhan Niendraputra menyebutkan, dari catatannya, jumlah penjual yang mengikuti kampanye Toko meningkat lebih dari 1,5 kali lipat pada periode 2022 dibanding 2021. Adapun, dua daerah di Jawa Tengah masuk dalam area dengan kenaikan transaksi tertinggi untuk kategori Ibu dan Anak selama periode tersebut. Yaitu dari Kabupaten Demak dan Kabupaten Rembang.

“Kenaikan juga terjadi pada layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia. Kenaikan jumlah transaksi produk Ibu dan Anak melalui Dilayani Tokopedia naik sebesar 1,5 kali lipat pada periode awal tahun 2023. Selain itu, jumlah penjual produk Ibu dan Anak yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia naik lebih dari dua kali lipat,” akunya.

Baca Juga: Inisiatif Hyperlocal Tokopedia, Dorong Omzet UMKM di Jateng Meroket 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya