Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS Kesehatan

BPJS Keliling manifestasi kehadiran negara

Merasa malas ke kantor cabang BPJS Kesehatan karena jauh? Atau tidak punya kesempatan karena sibuk dan tidak memiliki waktu luang karena padatnya jadwal aktivitas?

Ekspresi tersebut sering kali terungkap saat akan mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan. Namun, keluh kesah itu kini telah menjadi kenangan.

BPJS Kesehatan berinovasi mendekatkan pelayanan dengan menjemput bola kepada warga di daerah pinggiran dan terpencil Kota Semarang menggunakan mobil BPJS Keliling. Sistem pelayanannya sama dengan yang ada di kantor cabang BPJS Kesehatan Semarang.

Warga antusias memanfaatkan BPJS Keliling karena mempermudah mereka pada pengurusan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Mobil BPJS Keliling ini mendatangi warga di 16 kecamatan di Kota Semarang secara bergiliran

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanPetugas BPJS Kesehatan, Kodhik Pramono bersiap membuka layanan BPJS Keliling untuk pengurusan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Bangetayu Semarang, Rabu (26/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Layanan buka setiap hari Selasa--Jumat mulai pukul 08.30 WIB. Bahkan juga melayani saat akhir pekan, hari Sabtu

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanSejumlah warga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk mengurus Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di Puskesmas Bangetayu Semarang, Rabu (26/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

BPJS Keliling menjadi Mobile Customer Service (MCS) yang melayani administrasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanWarga memberikan rekam sidik jari di layanan BPJS Keliling saat mengurus Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di Puskesmas Bangetayu Semarang, Rabu (26/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Mobil BPJS Keliling singgah di lokasi yang beragam seperti kecamatan, kelurahan, rumah sakit, puskesmas, dan pasar tradisional

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanMobil BPJS Keliling yang melayani warga untuk pengurusan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan melintasi kawasan pinggiran Kota Semarang, Kamis (20/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Baca Juga: Mengunci Stunting Sejak Dini Demi Menghargai Hak Janin

Pelayanannya antara lain pendaftaran peserta baru BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah dan Bukan Pekerja (PBPU BP) atau mandiri

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanWarga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk mengurus pendaftaran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di kawasan Pasar Tradisional Johar Semarang, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Kemudian melayani pendaftaran akun aplikasi mobile JKN, mutasi, permohonan Rencana Pembayaran Bertahap, serta mengetahui dan mengubah status kepesertaan BPJS Kesehatan

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanWarga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk pendaftaran aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di kawasan Pasar Tradisional Johar Semarang, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Sebagai contoh perubahan identitas alamat, fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan kelas

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanPetugas BPJS Kesehatan memandu warga yang memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk penggunaan aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kawasan Dispendukcapil Semarang, Kamis (20/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Kehadiran BPJS Keliling untuk menjangkau dan memudahkan warga, yang sudah menjadi peserta atau calon peserta

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanSejumlah warga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk mengurus Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di kawasan Pasar Tradisional Johar Semarang, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Bagi yang belum jadi peserta, mereka bisa mengurus kepesertaan JKN dan mendapatkan informasi yang benar sehingga melek soal BPJS Kesehatan

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanPetugas BPJS Kesehatan, Anita memberikan informasi kepada warga yang memanfaatkan layanan BPJS Keliling saat mengurus pendaftaran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kawasan Pasar Tradisional Johar Semarang, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Warga kini tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan sehingga mempermudah mereka yang terkendala lokasi dan padatnya aktivitas

Pelayan Warga Terpencil dan Pinggiran Mengakses BPJS KesehatanWarga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk pendaftaran aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di kawasan Dispendukcapil Semarang, Kamis (20/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Kehadiran BPJS Keliling ikut meningkatkan cakupan kepesertaan program JKN di Kota Semarang. Jumlahnya hingga Juni 2023 sudah mencapai 99,81 persen atau sebanyak 1.684.940 penduduk.

Lebih dari itu, BPJS Keliling menjadi dedikasi dan manifestasi bahwa negara hadir dalam upaya mendukung kesehatan dengan memberikan akses pelayanan yang dekat dan mudah bagi warga.

Baca Juga: Posyandu Remaja, Sang Pencerah untuk Generasi Sehat dan Berdaya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya