PKB Jateng Dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024, Sudah Rekrut Saksi

Diklaim sebagai tokoh dari NU yang siap maju. Masa, sih?

Semarang, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah secara terang-terangan mengisiasi dukungan kepada Abdul Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Hal itu ditegaskan Ketua DPW PKB Jateng, KH Muhammad Yusuf Chudlori saat membuka Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) III PKB Jateng di Semarang, Kamis (3/2/2022).

1. Sosok NU yang diklaim siap maju Capres 2024

PKB Jateng Dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024, Sudah Rekrut SaksiKetua DPW PKB Jateng, KH Muhammad Yusuf Chudlori (kedua kanan) saat membuka Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) III PKB Jateng di Semarang, Kamis (3/2/2022). (Dok. DPW PKB Jateng)

Yusuf Chudlori mengklaim, Muhaimin Iskandar merupakan sosok dari Nahdlatul Ulama (NU) yang paling siap maju Capres 2024. Selain sebagai Ketua Umum PKB itu juga pernah berkiprah di Eksekutif maupun Legislatif.

"Di antara kader NU, Gus Muhaimin Iskandar adalah sosok yang paling siap. Tidak ada tokoh lain dari NU yang berani deklarasi. Jadi memang tidak hanya siap saja. Pengalaman Gus Muhaimin juga sangat komplit," ujarnya dilansir keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga: Kemana Ganjar Pranowo Saat Puan Kunker di Jateng? Ini Komentar Rudy 

2. PKB ikhtiarkan politik kehadiran

PKB Jateng Dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024, Sudah Rekrut SaksiBaliho Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pria yang akrab disapa Gus Yusuf itu menyatakan, langkah Muhaimin Iskandar untuk maju dalam Pilpres 2024 diklaim semata demi kebesaran PKB sekaligus menjaga marwah NU.

"PKB itu ditakdirkan sebagai penjaga marwah NU. Kalau kemudian dari NU sendiri tidak muncul (Capres), maka malah bisa dikapling pihak luar," ujarnya.

Meski demikian, ia tak menampik bahwa kelak siapa yang akan memimpin Indonesia ke depan sudah ada garis tangannya.

"Gus Muhaimin selalu menegaskan bahwa kewajiban semua orang adalah terus berikhtiar. Karena fraksi itu adalah etalase partai. Karenanya kita ajak untuk terus tingkatkan kinerja. Prinsipinya adalah politik kehadiran seperti yang selalu digaungkan Gus Muhaimin," ungkap Gus Yusuf.

3. PKB rekrut saksi dilakukan sejak dini

PKB Jateng Dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024, Sudah Rekrut SaksiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Sekretaris DPW PKB Jateng H Sukirman mengatakan, sejauh ini Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) sudah berjalan, termasuk rekrutmen saksi sejak dini.

“Badan untuk saksi dalam Pemilu juga terus dimatangkan. Dalam konteks Pilpres 2024, kita terus komunikasi ke seluruh komunitas masyarakat yang telah banyak menyatakan dukungan untuk Gus Muhaimin,” imbuhnya.

4. PKB sudah pencalegan untuk Pemilu 2024

PKB Jateng Dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024, Sudah Rekrut SaksiMusyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) III PKB Jateng di Semarang, Kamis (3/2/2022). (Dok. DPW PKB Jateng)

Ketua LPP PKB, Syarif Abdillah mengatakan, saat ini juga sudah mulai persiapan untuk rekrutmen bakal calon anggota legislatif melalui sistem pencalegan dini.

“Caleg dari masyarakat umum sudah banyak mendaftar, khususnya di berbagai kabupaten/kota,” ujarnya.

Dalam Muspimwil PKB Jateng tersebut diikuti seluruh Pengurus DPC PKB se-Jawa Tengah. Termasuk para Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah. Selain itu juga hadir Bendahara DPP PKB, Bambang Susanto, dan Dewan Syuro PKB, KH Badawi Basyir, serta sejumlah pengurus DPW PKB Jateng.

Baca Juga: Survei Capres 2024: Gibran Salip Anies Baswedan dan AHY

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya