11 Ribu Polisi Diterjunkan! Akses Pemudik Masuk Jateng Dijaga Ketat

Dirlantas Polda Jateng pasang 14 penyekatan

Semarang, IDN Times - Aparat Kepolisian Daerah Jawa Tengah jauh-jauh hari memastikan bakal memperketat pengawasan saat arus mudik Lebaran tahun ini di Jawa Tengah. Tim Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng bakal melakukan penyekatan di 14 titik untuk membatasi ruang gerak para pemudik yang berasal dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Ke-14 titik penyekatan itu nantinya dipasang di akses masuk Jateng di wilayah Kabupaten Brebes, kemudian Kabupaten Blora, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Sragen dan Kota Semarang.

"Saat operasi penyekatan nanti, kita mengerahkan 11.000 personel. Di setiap lokasi akses masuk Jateng akan dijaga 1.000-2.000 personel," ujar Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Syafiruddin, Senin (12/4/2021).

 

1. Para pemudik akan dites rapid dan swab antigen di setiap titik jalan raya

11 Ribu Polisi Diterjunkan! Akses Pemudik Masuk Jateng Dijaga KetatPerbedaan rapid test, swab antigen dan PCR swab (IDN Times)

Rudy menyatakan di setiap lokasi penyekatan, pihaknya melibatkan aparat TNI, tim gugus tugas daerah dan petugas Dinas Kesehatan untuk mengecek kesehatan para pengguna jalan raya.

"Kami akan lakukan rapid dan swab antigen bagi sopir dan penumpang mobil yang masuk Jawa Tengah mulai 6 Mei sampai 12 Mei nanti," ujarnya.

Rapid maupun swab antigen, katanya akan digelar di setiap rest area ruas jalan tol. Pihaknya mengaku tak ingin kecolongan dengan masuknya pemudik justru menambah angka penularan COVID-19 di berbagai daerah.

"Jangan sampai Jawa Tengah yang kasus penularannya sudah turun, trackingnya sudah diketahui dengan jelas, maka jangan sampai kemasukan pemudik. Jangan sampai datangnya pemudik membuat angka COVID-19 di wilayah kita makin tinggi," ungkapnya. 

Baca Juga: Dampak Larangan Mudik, Bandara Ahmad Yani Siap Rugi

2. Semua akses jalur tikus juga dijaga ketat polisi untuk hadang pemudik

11 Ribu Polisi Diterjunkan! Akses Pemudik Masuk Jateng Dijaga KetatIlustrasi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Ia mengingatkan kepada pemudik agar menahan diri dengan tidak pulang kampung ke Jateng. Sebaiknya pemudik menjaga protokol kesehatan dengan merayakan Lebaran secara virtual.

Di tahun ini, pihaknya memastikan semua akses jalur tikus atau jalan pintas akan dijaga ketat oleh personelnya. Setiap Polsek akan mengamankan masing-masing wilayahnya untuk menghadang rombongan para pemudik.

3. Kapolda Jateng: Semua kendaraan luar kota akan diputar balik

11 Ribu Polisi Diterjunkan! Akses Pemudik Masuk Jateng Dijaga KetatKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi saat apel pemantapan arus mudik 2021. Dok Humas Polda Jateng

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi mengungkapkan saat ini semua rest area jalan tol dibangun posko PPKM. Pos ini menjelang H-7 dan H+7 akan dinaikan jumlahnya menjadi 14 pos penyekatan arah menuju Semarang dan sebaliknya. 

Pihaknya juga memantau setiap kendaraan pelat nomor luar Jawa Tengah. "Untuk kendaraan pelat nopol luar Jawa Tengah, kita akan melakukan putar balik kepada kendaraan mereka, Kita tidak akan kecolongan dengan kendaran pemudik. Mereka bisa lolos di Jawa barat dan Jatim, tapi di Jateng tidak akan lolos," tandasnya.

Baca Juga: Polisi Ancam Tindak Tegas Truk dan Travel Angkut Pemudik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya