Comscore Tracker

2 Nelayan Cilacap Ditelan Ombak 4 Meter, Penyelam Dikerahkan 

Para penyelam ikut mencari di bawah laut

Cilacap, IDN Times - Cuaca buruk yang melanda pantai selatan Kabupaten Cilacap membuat dua nelayan yang sedang melaut di perairan Pantai Menganti, Kecamatan Kesugihan hilang diterjang ombak. 

Kedua nelayan yang raib tersebut atas nama Handi Oktaria, warga Jeruk Legi Kabupaten Cilacap dan Andri warga Benggala Mertasinga, Cilacap.

1. Dua nelayan Pantai Menganti digulung ombak setinggi 3-4 meter

2 Nelayan Cilacap Ditelan Ombak 4 Meter, Penyelam Dikerahkan ilustrasi ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Humas Basarnas Cilacap, Syaiful Anwar mengatakan semula ada tiga nelayan yang naik perahu untuk melaut menjala ikan di dekat PLTU Karang Kandri.

Saat itu cuaca buruk yang terjadi di perairan Pantai Menganti juga disertai hujan lebat dan angin kencang. 

"Saat kejadian, perahu nelayan tersebut yang tidak dilengkapi peralatan kayu penyeimbag kemudian tersapu ombak dengan ketinggian 3-4 meter. Perahunya langsung terbalik. Dari tiga nelayan yang naik perahu itu, dua orang di antaranya terjatuh ke laut pada Kamis malam," kata Ipul sapaan akrabnya kepada IDN Times, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Cek 3 Lapas di Nusakambangan Cilacap, Menkumham: Negara Tidak Mampu!

2. Sebanyak 20 Personel SAR melacak di dekat PLTU Karang Kandri

2 Nelayan Cilacap Ditelan Ombak 4 Meter, Penyelam Dikerahkan Basarnas Cilacap mencari dua nelayan yang tenggelam. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Tim SAR, katanya lalu mendapat laporan ihwal hilangnya dua nelayan tersebut dari Daslam selaku Ketua Rukun Nelayan Rawajarit. Di pagi ini pihaknya mengerahkan 20 personel Basarnas Cilacap untuk menelusuri keberadaan dua nelayan di sekitar perairan PLTU Karang Kandri.

Upaya pencarian dibantu sebuah perahu karet dan satu kapal RIB.

"Kita juga dibantu sama para nelayan Pantai Menganti dan warga sekitar untuk melacak kedua nelayan yang hilang di laut," terangnya.

3. Sejumlah penyelam ikut melacak di kedalaman 10 meter

2 Nelayan Cilacap Ditelan Ombak 4 Meter, Penyelam Dikerahkan Tim Basarnas gabungan saat bersiap mencari dua nelayan yang tenggelam di Pantai Menganti. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Ipul berkata ada tiga penyelam yang ikut mencari di sekitar perairan PLTU Karang Kandri dengan kedalaman 10 meter.

"Kita punya tiga personel dengan keahlian khusus melacak orang tenggelam di bawah laut. Dan biasanya tiga orang ini akan menyelam sedalam 10 meter. Semua perlengkapan sudah dipakai oleh mereka, di pagi ini mereka mulai mencari keberadaan dua nelayan yang tenggelam," cetusnya.

Ipul juga mengaku hari ini cuaca di lokasi kejadian cenderung mendung namun tampak berawan. Hujan belum mengguyur Cilacap. Proses pencarian akan difokuskan di lokasi dekat PLTU Karang Kandri.

Unsur yang ikut mencari juga melibatkan Polairud Cilacap, Polsek Kesugihan, Koramil Kesugihan, Cilacap Rescue, Rapi Cilacap, Bagana Cilacap, SAR MTA, SAR Elang Putih, SAR Menganti, Lintas Ambulance Indonesia.

Baca Juga: Berusaha Menolong Mbah Sadar, Tim SAR Dihalangi Biawak dan Kelelawar

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya