Comscore Tracker

30 ASN Pemprov Jateng, Staf sampai Pejabat Struktural Positif COVID-19

Satu keluarga camat di Semarang juga positif virus corona

Semarang, IDN Times - Sebuah fakta mencengangkan muncul dari kasus baru penularan virus corona di Semarang. Terasa adem ayem, kantor dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah rupanya telah menjadi sumber penularan COVID-19.

1. Dua kantor ASN yang positif COVID-19 disemprot disinfektan

30 ASN Pemprov Jateng, Staf sampai Pejabat Struktural Positif COVID-19Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh dilakukan untuk memutus penyebaran virus corona. Dok/Humas Pemkot Malang

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengungkapkan jumlah ASN yang sudah dinyatakan positif tertular COVID-19 jumlahnya mencapai 30 orang lebih. Profesi mereka ada yang sebagai staf biasa, pejabat struktural, dan juga pegawai operasional. 

"Yang ASN Provinsi Jateng ada di dua kantor yang dinyatakan positif COVID-19. Tapi kantornya gak perlu ditutup. Soalnya aktivitasnya kan masih berjalan. Tinggal disemprot disinfektan saja, dibersihkan seluruh ruangannya," kata Yulianto, Rabu (1/7). 

Baca Juga: Ganjar: Ada Klaster ASN Pemprov Jateng, Polres Rembang dan PLTU Jepara

2. Beberapa ASN tertular virus corona dari keluarganya

30 ASN Pemprov Jateng, Staf sampai Pejabat Struktural Positif COVID-19unsplash.com

Klaster Pemprov Jateng muncul dari hasil tracking yang dilakukan petugas Dinkes Jateng untuk menelisik penularan COVID-19 di beberapa pegawai. Dari hasil rapid test dan PCR, katanya, semula terdapat beberapa ASN yang terkena virus corona. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, mereka tertular dari keluarganya.

Yulianto mengklaim para ASN tersebut berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Kini sebanyak 30 lebih ASN telah diliburkan dan sedang menjalani karantina, yang diawasi petugas medis di Hotel Kesambi Hijau Semarang.

"Sudah diisolasi di (Hotel) Kesambi. Sekarang masih ada diisolasi. Semuanya tanpa gejala," ujar Yulianto.

3. ASN di dua kantor harus jaga jarak yang ketat

30 ASN Pemprov Jateng, Staf sampai Pejabat Struktural Positif COVID-19Protokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Ia menjelaskan tracking terhadap penularan COVID-19 masih akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan. Untuk dua kantor dinas yang kedapatan terpapar virus corona, Yulianto telah mengimbau agar dilakukan jaga jarak dan harus memakai masker selama bekerja.

"Physical distancing-nya harus dilakukan dengan ketat. Ini agar dapat memutus mata rantai penularan," bebernya.

4. Keluarga camat di Semarang juga terpapar COVID-19

30 ASN Pemprov Jateng, Staf sampai Pejabat Struktural Positif COVID-19Dua wanita saat mengurus surat kependudukan di Kantor Dispermadescapil Jateng. IDN Times/Fariz Fardianto

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jawa Tengah, Sugeng Riyanto mengaku di kantornya saat ini belum ditemukan satupun pegawai yang tertular COVID-19. Yang ada malah terdapat salah satu keluarga Camat Semarang Timur yang positif virus corona.

"Istri camat itu sekarang dikarantina di rumah dinas Wali Kota Semarang. Untuk kondisi camatnya saya belum tahu. Tapi di pegawai kami (Dispermadesdukcapil Jateng) belum ada kasusnya," tuturnya saat dikonfirmasi terpisah. 

Baca Juga: 9 Daerah di Jateng Berisiko Tinggi Tularkan Corona Jelang Pilkada 2020

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya