Comscore Tracker

632 Ribu Pemudik Terobos Jateng, Satu Orang Diketahui Positif COVID-19

Lurah dan kades diminta tes COVID-19 level paling bawah

Semarang, IDN Times - Sebanyak 632 ribu pemudik saat ini telah memasuki wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan aplikasi Jogo Tonggo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut sekitar 6-8 persen dari total pemudik sudah tiba di kampung halamannya masing-masing.

Menurutnya walaupun saat ini telah dilakukan penyekatan dengan ketat, namun nyatanya dirinya masih menemukan pemudik yang mampu menerobos ke berbagai daerah terutama Kota Tegal.

"Ada dua catatan yang masuk, dari aplikasi Jogo Tonggo baru 6-8 persen yang melaporkan, angkanya sekitar 10.000 pemudik. Tapi catatan Dinas Perhubungan dari asumsi-asumsi angkutan yang masuk, sudah ada 632.000 pemudik," ungkapnya IDN Times, Minggu (9/5/2021).

1. Ganjar perintahkan bupati, walikota, lurah dan kades giatkan tes COVID-19

632 Ribu Pemudik Terobos Jateng, Satu Orang Diketahui Positif COVID-19Seorang pemudik saat dites antigen di Kota Tegal. Dok Humas Pemprov Jateng

Ia mengaku situasi yang terjadi saat ini masih membuat para perantau nekat mudik ke Jateng. Ketika mengecek titik penyekatan di Terminal Tegal, Ganjar memerintahkan kepada semua bupati, walikota hingga para lurah dan kades untuk menggencarkan tes COVID-19 sampai level terbawah.

Baca Juga: Penyekatan Jalan di Solo, Dua Jam Gibran Tunggu Kendaraan Pemudik

2. Jumlah pemudik yang terobos Jateng bakal tembus 1 juta jiwa

632 Ribu Pemudik Terobos Jateng, Satu Orang Diketahui Positif COVID-19Sebuah mobil pemudik saat masuk titik penyekatan di Tegal. Dok Humas Pemprov Jateng

Bahkan, dengan kondisi Lebaran yang tinggal menghitung hari, ia menyatakan pemudik yang nyelonong masuk Jateng bakal mencapai 1 juta orang. Situasinya sama dengan pandemik 2020 meski sudah dilakukan penyekatan.

"Saya mempertimbangkan kira-kira yang akan masuk ke Jateng segitu. Maka saya mintakan agar ada pengetesan-pengetesan di level paling bawah," imbuhnya.

Semua yang nekat mudik dan lolos nantinya dicek oleh tim Jogo Tonggo. Para ketua RT, RW, lurah juga diperintahkan proaktif melakukan pengecekan.

Ia pun memuji bahwa apa yang sudah dilakukan di Banyumas merupakan tindakan yang cukup baik. Di Banyumas, setiap pemudik yang datang wajib diisolasi lima hari. 

"Tidak semua daerah melakukan, tapi saya minta ada tindakan. Ada yang unik, salah satu pemudik terpaksa diisolasi karena dilaporkan istrinya sendiri," katanya.

3. Seorang pemudik kedapatan positif COVID-19. Sekarang sedang diisolasi di Tegal

632 Ribu Pemudik Terobos Jateng, Satu Orang Diketahui Positif COVID-19Sejumlah tim medis melakukan pengecekan suhu kepada pemudik di Tegal. Dok Humas Pemprov Jateng

Sedangkan Primawati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal mengaku kini ada sembilan pasien COVID-19 yang diisolasi. Salah satunya berasal dari pemudik yang tepergok telah positif COVID-19.

"Satu yang positif dari hasil tes antigen pemudik. Dia sedang kami isolasi dan lakukan tracing. Dia pemudik asal Jawa Barat," bebernya.

Baca Juga: Daftar 14 Titik Lokasi Penyekatan Mudik di Jateng, Siaga 300 Antigen

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya