Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek Waktunya

Warga bisa nikmati hawa sejuk di Candi Arjuna Banjarnegara

Banjarnegara, IDN Times - Kawasan Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dipastikan menjadi lokasi pengamatan saat fenomena Gerhana Bulan total atau Super Blood Moon pada Rabu, 26 Mei 2021 nanti. Tempat tersebut dipilih lantaran Candi Arjuna memiliki pemandangan yang bagus sekaligus berada di titik ketinggian yang bisa mengamati penampakan Gerhana Bulan total secara sempurna.

1. Warga bisa kumpul di Candi Arjuna mulai jam 5 sore

Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek Waktunyacommons.wikimedia.org

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayogie mengungkapkan aktivitas pengamatan gerhana bulan total di Candi Arjuna saat ini telah mendapat persetujuan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara serta pihak ormas setempat.

Pihaknya menyatakan masyarakat bisa mendatangi kompleks Candi Arjuna pada pukul 17.00 WIB untuk mengikuti acara pengamatan Gerhana Bulan total. Sedangkan jadwal pengamatan dilakukan selepas ibadah salat Maghrib.

"Kalau cuacanya cerah dan kondisinya mendukung dengan bagus, maka Gerhana Bulan bisa dilihat dengan sempurna pada malam hari," ujar Aji saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: 8 Peristiwa Langit Terbaik Mei 2021, Ada Gerhana Bulan!

2. Jumlah warga yang mengamati Gerhana Bulan total dibatasi

Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek WaktunyaANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Pemilihan Candi Arjuna, katanya, demi mencari suasana baru untuk kegiatan pengamatan Gerhana Bulan total. Selain itu, Aji juga ingin agar geliat pariwisata di Dataran Tinggi Dieng ikut terdongkrak dengan adanya aktivitas pengamatan gerhana bulan total.

Lebih lanjut, pihaknya menyarankan kepada masyarakat Banjarnegara yang datang ke lokasi pengamatan untuk dapat menghindari kerumunan serta diwajibkan memakai masker.

"Masyarakat yang hadir tetap diminta menjaga protokol kesehatannya. Kita juga batasi jumlahnya dan tempatnya yang terbuka saya rasa relatif lebih aman dan paling gak pengunjung wajib pakai masker saat ikut mengamati gerhana bulan total. Ya itu juga bisa mendukung promosi wisata ditengah pandemik," jelasnya.

3. Ada live streaming untuk lihat Gerhana Bulan total di Candi Arjuna

Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek WaktunyaBroadband TV News

Tak cuma itu saja, bagi masyarakat yang berhalangan hadir, dirinya telah menyediakan layanan streaming sehingga setiap orang bisa lebih mudah menyaksikan kondisi pengamatan di Candi Arjuna dari dalam rumah.


Pihaknya telah menyiapkan sejumlah kamera video dan teleskop guna memaksimalkan pengamatan gerhana bulan total.


"Kita optimistis gerhana bulan total bisa teramati dengan jelas karena kondisi cuacanya di Dieng saat ini berawan. Warga yang mau datang, silahkan datang aja, gak perlu daftar. Kita juga sudah sebar lkan informasi lewat Diskominfo, respon dari Dinas Pariwisata sangat bagus. Warga Banjarnegara juga sangat antusias," ujar Aji.

4. Suhu udara di Dieng 12-20 derajat celcius

Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek WaktunyaANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Terpisah, Kasi Perencanaan Dinas Pariwisata Banjarnegara, Arya Darwanto menyebut temperatur suhu di kawasan Dieng saat dalam beberapa hari terakhir berada dibawah 20 derajat Celcius. Sedangkan saat malam hari berkisar antara 12 derajat Celcius.

"Kondisi yang terjadi saat ini sebenarnya untuk terbentuk embun es ada beberapa variabel cuaca yang harus terpenuhi. Tapi secara umum cuaca masih bisa dilakukan pengamatan gerhana bulan," ucapnya.

Baca Juga: Perbaiki Arah Kiblat Saat Gerhana Bulan Total 26 Mei, Begini Caranya 

https://www.youtube.com/embed/MpeHuqn4D2M

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya