Daftar Wisata Jateng yang Diserbu Turis Lokal saat Lebaran 2023, Daerahmu Ada Gak?

Tapi jumlah turis asing cenderung menurun

Semarang, IDN Times - Sejumlah objek wisata unggulan di Jawa Tengah terbukti mampu menyedot perhatian para wisatawan untuk menikmati liburan panjang selama momen Lebaran 2023 kemarin. Paling tidak, pihak Dinas Kepemudaan, Pariwisata dan Olahraga (Disporapar) Jateng mencatat terdapat lima objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan nusantara (wisnus) saat libur Lebaran kemarin. 

1. Lima objek wisata diminati wisatawan nusantara

Daftar Wisata Jateng yang Diserbu Turis Lokal saat Lebaran 2023, Daerahmu Ada Gak?Kawah Sikidang (commons.wikimedia.org)

Kabid Pemasaran Wisata, Disporapar Jateng Setyo Irawan mengatakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisnus antara lain:

  • Masjid Raya Syeikh Zayed Solo sebanyak 310.000 orang
  • Kota Lama Semarang 199.196 orang
  • TWC Prambanan 98.475 orang
  • Candi Borobudur 93.552
  • Kawah Sikidang di Banjarnegara 80.649 orang. 


"Kalau multiplier effect (efek berganda) kami sudah melakukan studi rerata wisatawan mengeluarkan Rp3,6 juta untuk ongkos berwisata," ungkapnya, Jumat (5/5/2023). 

Baca Juga: 14 Ribu Pemudik Kapal Masih Bertahan di Jateng: Hati-hati Ada COVID-19 Varian Baru

2. Ada 3,9 juta wisatawan nusantara yang liburan ke Jateng saat Lebaran

Daftar Wisata Jateng yang Diserbu Turis Lokal saat Lebaran 2023, Daerahmu Ada Gak?Candi Prambanan. (IDN Times/Holy Kartika)

Untuk jumlah okupansi hotel di Jateng selama libur Lebaran, katanya diperkirakan mencapai 65 persen. Dengan rata-rata jumlah tamu menginap pada periode 19-26 April 2023, sebanyak 741 orang per hotel dan rerata menginap 1,5 hari. 

Jumlah wisatawan nusantara selama masa liburan Lebaran (15 April 2023) sampai hari ini, mencapai 3.953.914 orang. "Itu jumlah sementara, karena masih ada kabupaten/kota yang belum menyampaikan data," ujarnya. 

3. Tren kunjungan wisatawan berubah

Daftar Wisata Jateng yang Diserbu Turis Lokal saat Lebaran 2023, Daerahmu Ada Gak?Sejumlah wisatawan yang terjebak menaiki KM Kelimutu di Pelabuhan Legon Bajak, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022). (ANTARA FOTO/Sriantok)

Ia menuturkan, pada 2023 terjadi perubahan tren kunjungan wisata. Hal ini diindikasikan dengan jumlah wisatawan yang cenderung menurun, dibanding pada 2022. 

Dalam catatannya, pada 2022 kunjungan ke destinasi wisata mencapai 5,3 juta orang. Penurunan jumlah kunjungan wisatawan dipengaruhi beberapa hal. Antara lain disebabkan karena euforia warga yang kini cenderung memilih bersilaturahmi ke sanak famili ketimbang berwisata.

"Dibanding tahun lalu ada penurunan sekitar 28 persen. Faktornya, tren masyarakat sekarang yang berubah, karena akses jalan bagus, jadi memilih bersilaturahmi ke keluarga daripada berwisata," paparnya.

Melihat hal ini, pihaknya akan melakukan evaluasi dengan pelaku wisata dan pengelola tempat wisata. 

4. Juga ada 10.333 turis asing yang liburan ke Jateng

Daftar Wisata Jateng yang Diserbu Turis Lokal saat Lebaran 2023, Daerahmu Ada Gak?Ilustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Setyo menyebut, meski ada penurunan jumlah wisatawan nusantara, hal itu tak berlaku pada kunjungan wisatawan mancanegara. Berdasar catatannya, jumlah warga asing yang melancong ke Jateng mencapai 10.333 orang, selama kurun libur Lebaran. 

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, wisman yang berlibur ke Jateng melonjak hingga 240,99 persen. Karena, pada 2022 kunjungan wisman ke Jateng pada momen serupa, hanya 3.025 orang. 

"Ada beberapa faktor, seperti dibukanya penerbangan internasional. Di Jateng-DIY ada tiga bandara yakni Ahmad Yani dan Adi Soemarmo, sementara di Jogja ada YIA, yang dekat dengan Borobudur. Adapula faktor promosi ke luar negeri dan pelonggaran protokol COVID-19," ucapnya. 

Ia mengatakan, ada beberapa destinasi wisata yang menjadi incaran wisman .Di antaranya, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Taman Candi Prambanan di perbatasan Klaten-Sleman DI Yogyakarta, Punthuk Setumbu di Kabupaten Magelang, Candi Mendut dan Pawon di Kabupaten Magelang dan Candi Plaosan di Klaten.

Baca Juga: Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter Pesawat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya