GM Bandara Beri Perintah ke Lanumad: Jangan Sampai Penumpang Kesulitan Transportasi

Bandara Ahmad Yani siaga penuh saat Natal dan tahun baru

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memperkirakan trafik penumpang pesawat terbang akan mengalami lonjakan saat mendekati puncak perayaan Natal 2022. 

1. Titik rawan di Bandara Ahmad Yani diberi pengamanan

GM Bandara Beri Perintah ke Lanumad: Jangan Sampai Penumpang Kesulitan TransportasiSuasana arus calon penumpang pesawat di selasar utama Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hadi Ariyanto mengungkapkan, pembuatan posko terpadu telah dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara pihaknya dengan petugas AirNav dan unsur TNI/Polri.

"Posko terpadu saat ini terbentuk sesuai instruksi Kemenhub. Unsur yang dilibatkan terdiri dari petugas bandara, Airnav, TNI dan Polri. Kita semua yang ada di bandara bergabung untuk memberi layanan terbaik selama Natal dan tahun baru. Kemudian ada titik rawan juga diberikan pengamanan," kata Hardi saat meresmikan operasional posko terpadu di depan Hall Bandara Ahmad Yani Semarang, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad Yani

2. Puncak kedatangan pemudik Natal terjadi dua hari

GM Bandara Beri Perintah ke Lanumad: Jangan Sampai Penumpang Kesulitan TransportasiSejumlah penumpang pesawat saat memasuki terminal kedatangan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurut Hardi, kenaikan jumlah penumpang kini mulai terasa walaupun jumlah pesawat yang beroperasi di bandaranya relatif sedikit. Ia menekankan penumpang pesawat menjelang perayaan Natal melonjak 45 persen ketimbang hari biasanya. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan puncak kedatangan pemudik Natal di Bandara Ahmad Yani bakal terjadi 23--24 Desember 2022. Sedangkan puncak arus balik Natal diperkirakan berlangsung mulai tanggal 25--26 Desember 2022.

"Kami sudah memiliki prediksi bahwa Untuk puncak kedatangan pemudik dalam rangka perayaan Natal akan berlangsung dua hari yaitu tanggal 23--24 Desember. Lalu puncak arus baliknya dimulai 25--26 Desember. Selanjutnya Untuk momentum libur tahun baru puncaknya terjadi 30-31 Desember dan arus baliknya tanggal 1--3 Januari 2023," ungkap Hardi. 

3. Lanumad diperintahkan beri layanan terbaik

GM Bandara Beri Perintah ke Lanumad: Jangan Sampai Penumpang Kesulitan TransportasiKepadatan kendaraan penjemput para penumpang pesawat yang berada di halaman depan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Saat ini pihaknya mendorong kepada para stackholder terutama aparat TNI/Polri untuk meningkatkan kenyamanan bagi para calon penumpang pesawat. 

Secara khusus, ia juga meminta petugas AirNav dan Lanumad Semarang memberikan layanan terbaik selama momentum libur Natal dan tahun baru 2023. 

"Jangan sampai penumpang terlambat karena kesulitan transportasi. Sehingga saat arus mudik maupun arus baik tetap berjalan aman dan pengguna jasa selamat sampai di tempat masing-masing," tegasnya. 

4. Daftar rute favorit penumpang dari Semarang

GM Bandara Beri Perintah ke Lanumad: Jangan Sampai Penumpang Kesulitan TransportasiMaskapai penerbangan Citilink. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Untuk mendukung kelancaran arus penumpang selama libur Natal dan tahun baru, katanya maskapai Garuda Indonesia telah menambah satu jadwal penerbangan  untuk rute Jakarta--Semarang.

"Maskapai yang lain masih tetap," tambahnya. 

Ia bilang, terdapat sejumlah jalur penerbangan yang menjadi favorit para calon penumpang dari Semarang. Antara lain rute Jakarta-Semarang PP, rute menuju Banjarmasin, Pangkalanbun dan Makassar. 

"Rute dari Jakarta ke Semarang maupun sebaliknya, Banjarmasin, Pangkalanbun, Makassar ini rute yang selalu ramai dan yang full," paparnya. 

Baca Juga: Pengguna Fintech Legal di Jateng Tumbuh Subur, Ini Catatan dari OJK 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya