Comscore Tracker

Hakim Lasito Terbukti Terima Suap, Jaksa Perberat Hukuman 

Coreng marwah lembaga peradilan

Semarang, IDN Times-  Tim jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Hakim Lasito lima tahun penjara.

Tuntutan itu berdasarkan perbuatannya yang mencoreng marwah lembaga peradilan dengan menerima uang suap.

Tim jaksa dari KPK yang beranggotakan, Abdul Basir, Wawan Yunarwanto, NN Gina Saraswati, Ariawan Agustiartono, Nur Haris Arhadi serta Riniyati Karnasih, menyatakan tuntutan hukuman bagi Lasito harus diperberat karena mempertimbangkan sejumlah fakta di persidangan.

1. Ada dua perilaku Lasito yang memperberat tuntutan hukumannya

Hakim Lasito Terbukti Terima Suap, Jaksa Perberat Hukuman IDN Times/Fariz Fardianto

Salah satu jaksa dari KPK, NN Gina Saraswati mengatakan, kedua fakta yang mempengaruhi tuntutan hukuman pidana bagi Lasito yaitu lantaran selama menjadi petugas lembaga peradilan, tidak pernah mendukung sistem pemerintahan yang bersih dari tindak pidana korupsi.

"Hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah karena terdakwa tidak pernah memberikan dukungan untuk sistem pemerintahan yang bersih. Lalu yang kedua, perbuatan terdakwa yang menerima suap dari Ahmad Marzuqi telah merugikan lembaga pengadilan dan mencoreng marwah intitusi pengadilan," ungkap jaksa di Pengadilan Tipikor, Semarang,Selasa (13/8). 

Perbuatan Lasito juga melanggar Pasal 12 huruf c UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dalam undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999.

Baca Juga: Sekretaris PN Semarang: Renovasi Kantor Era Lasito Tanpa DIPA

2. Hukuman yang meringankan hanyalah sikap Lasito yang kooperatif

Hakim Lasito Terbukti Terima Suap, Jaksa Perberat Hukuman ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jaksa juga menyebutkan perbuatan yang meringankan Lasito, adalah selama ini bersikap kooperatif, berterus terang selama di sidang serta menyesali perbuatannya yang menerima suap dari Ahmad Marzuqi.

Selain itu, jaksa menyebutkan bahwa terdakwa juga telah mengembalikan uang Rp350 juta kepada negara.

"Oleh sebab itu, menuntut agar ketua majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memutuskan vonis bagi terdakwa Lasito selama lima tahun dengan denda Rp700 juta. Atau diganti dengan kurungan tambahan selama enam bulan," kata jaksa lagi. 

Baca Juga: Hakim PN Semarang Lasito Terima Uang Suap di Rumah

3. Jaksa inginkan Lasito tetap ditahan di Rutan Kendal

Hakim Lasito Terbukti Terima Suap, Jaksa Perberat Hukuman ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jaksa dari KPK memerintahkan kepada hakim untuk tetap menahan Lasito di Rutan Kendal. Selain itu, jaksa menyatakan sejumlah barang bukti atas perkara yang menjerat Lasito tetap disertakan dalam berkas perkara.

Pada saat yang bersamaan, jaksa KPK juga menuntut Bupati Jepara nonaktif Ahmad Marzuqi dengan empat tahun penjara. Ahmad Marzuqi dan Lasito terbukti melakukan suap praperadilan Banpol PPP.

Baca Juga: Jalani Sidang, Lasito Minta Izin Berobat Keluar Rutan

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Febriana Sintasari

Just For You