Hasil Autopsi RS Bhayangkara, Kopda Muslimin Mati Keracunan

Kopda Muslimin dimakamkan non militer

Semarang, IDN Times - RS Bhayangkara Semarang telah menerbitkan hasil autopsi pada jenazah anggota Yon Arhanud-15, Kopda Muslimin. Berdasarkan hasil sementara, tim medis tidak menemukan luka kekerasan pada tubuh Kopda Muslimin. 

"Dari hasil otopsi diperoleh fakta bahwa Kopda M meninggal karena mati lemas keracunan," kata Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dalam rilis resminya, Jumat (29/7/2022).

1. Tidak ditemukan kekerasan benda tumpul

Hasil Autopsi RS Bhayangkara, Kopda Muslimin Mati KeracunanIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Ia memaparkan RS Bhayangkara telah melakukan pemeriksaan visum untuk memperkuat proses autopsi pada jenazah Kopda Muslimin. Tim gabungan kini akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memperoleh data yang lebih lengkap. 

Jenazah Kopda Muslimin saat diperiksa tidak ditemukan luka akibat benda tajam maupun benda tumpul. Dari pemeriksaan dalam didapat tanda mati lemas yang diduga karena penyakit pada otak atau keracunan.

Baca Juga: [BREAKING] Sempat Buron, Kopda Muslimin Ditemukan Tewas Usai Muntah-muntah

2. Danpomdam butuh pemeriksaan lanjutan

Hasil Autopsi RS Bhayangkara, Kopda Muslimin Mati KeracunanLokasi tewasnya Kopda Muslimin rumah orangtuanya di Kendal, Jawa Tengah. Istimewa

Danpomdam IV Diponegoro Kolonel Cpm Rinoso Budi menyampaikan masih dibutuhkan beberapa pemeriksaan penunjang untuk mendapatkan bukti penyebab kematian Kopda Muslimin. 

"Dibutuhkan pemeriksaan patologi anatomi yang memakan waktu dua sampai empat minggu dan dibutuhkan pemeriksaan laboratorium toksikologi," imbuh dr Istiqomah Spf dari perwakilan RS Bhayangkara Semarang. 

3. Jenazah Kopda Muslimin dimakamkan non militer

Hasil Autopsi RS Bhayangkara, Kopda Muslimin Mati KeracunanSejumlah personel TNI mengamankan lokasi rumah orang tua Kopda Muslimin di Kelurahan Trompo, Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal. (Dok Humas Polda Jateng)

Jenazah Kopda Muslimin sudah dimakamkan di pemakaman umum secara non militer yang berlokasi di TPU RT 04/01, Kelurahan. Trompo, Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal. 

4. Keluarga temukan Kopda Muslimin sudah meninggal dengan tubuh membiru

Hasil Autopsi RS Bhayangkara, Kopda Muslimin Mati KeracunanMobil ambulans milik Polres Kendal saat bersiap membawa jenazah Kopda Muslimin menuju RS Bhayangkara Semarang (Dok Humas Polda Jateng)

Sebelumnya diketahui Kopda Muslimin ditemukan meninggal dunia pada sekitar pukul 07.00 pagi tadi (28/7). Dari laporan kronologis didapatkan info bahwa pada pukul 05.30 WIB Kopda M datang ke rumah orang tuanya dengan mengendarai motor SPM Yamaha Mio JT Nopol AA-2703-NC. Setibanya di depan rumah orang tuanya, Kopda Muslimin memarkir SPM-nya kemudian mengetuk pintu dan dibukakan oleh Mustakim ayahnya.

Setelah dibukakan pintu, Kopda Muslimin masuk ke kamar belakang menemui kedua orang tuanya untuk meminta maaf atas kekhilafan yang ia perbuat. Tidak beberapa lama kemudian muntah-muntah. Lalu oleh orang tuanya ditidurkan untuk istirahat dan dibuatkan minuman berupa teh.

Adik Korban Arif saat melihat korban tidak lagi bergerak kemudian mengecek kakaknya namun didapati jarinya sudah membiru dan dalam kondisi tidak bernafas. Selanjutnya adik korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kodam IV/Diponegoro. 

Baca Juga: Sahabat Karib Soroti Perubahan Perilaku Kopda Muslimin Setelah Menikah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya