Hulu Pegunungan Kendeng Pemicu Banjir di Pati, Ganjar: Kita Tanami

Hutan produksi Kabupaten Pati tidak dikelola dengan baik

Pati, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengakui jika banjir bandang yang melanda Kabupaten Pati belum lama ini disebabkan kawasan hutan di daerah hulu Pegunungan Kendeng. 

Hal itu diakui Ganjar ketika bertemu dengan Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Rabu (7/12/2022) Siang. 

"Tadi bisa masukan dari teman-teman di desa ternyata ini hulunya di Kendeng," ungkap Ganjar. 

1. Hutan Pegunungan Kendeng tidak terkelola dengan baik

Hulu Pegunungan Kendeng Pemicu Banjir di Pati, Ganjar: Kita TanamiIlustrasi upacara bendera di Pegunungan Kendeng. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Menurut Ganjar, berdasarkan laporan dari warga, banjir pernah terjadi sebelumnya namun tak setinggi kejadian terakhir. Selain itu, Ganjar menjelaskan ada perhutanan sosial yang dikelola tidak dengan baik. Sehingga tidak ada tanaman atau pohon yang fungsinya menyangga air.

"Kita musti reboisasi yang ada di sana. Nanti kita siapkan, kita tanami saja," cetusnya. 

Baca Juga: Kendeng Tak Lagi Hijau, Banjir di Pati! 2 Warga Tewas, Ratusan Ngungsi

2. Ganjar aka bantu bibit

Hulu Pegunungan Kendeng Pemicu Banjir di Pati, Ganjar: Kita TanamiGubernur Jateng Ganjar Pranowo dikerubuti warga desa saat berkunjung ke Kabupaten Pati. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Daerah tersebut, kata Ganjar, harus menjadi kawasan konservasi. Kejadian serupa bisa terulang jika suatu tempat tidak segera dikonservasi.

"Ini yang dirasakan di sini. Maka ini serius mumpung masih ada waktunya kita coba nanti bantu untuk bibit agar bisa kita tanami dengan waktu yang cepat," akunya. 

3. Relawan di Pati ikut bergerak

Hulu Pegunungan Kendeng Pemicu Banjir di Pati, Ganjar: Kita TanamiGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek kondisi sungai yang berada di Kabupaten Pati. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro mengeklaim, pihaknya telah menyiapkan bibit untuk ditanam. Meski begitu, Ganjar telah menghubungi dinas terkait untuk memberi bibit tambahan.

Ganjar menyampaikan, apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu. Terutama para relawan yang datang dari daerah-daerah penyangga.

"Para relawam juga bergerak bahkan yang ada di luar Pati ya. Kudus, Jepara, Karanganyar, Demak, Grobogan, jadi mereka membantu. Ini gotong royong yang ada,” ujarnya.

4. Bantuan dianggap sudah cukup

Hulu Pegunungan Kendeng Pemicu Banjir di Pati, Ganjar: Kita TanamiGubernur Jateng Ganjar Pranowo berbicara dengan seorang nenek saat meninjau kondisi sungai yang terkena banjir bandang Kabupaten Pati. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Soal bantuan, Ganjar menginventarisasi kebutuhan warga yang belum tercukup. Dari sejumlah warga yang ditemui, bantuan sembako hingga makanan sudah tercukupi.

“Sekarang dibutuhkan kasur, kompor, peralatan sekolah, peralatan masak. Mesti ada recovery yang musti segera dilakukan nanti kita coba bantu, nanti kita kirim,” kata Henggar. 

Baca Juga: Sesar Biribis Kendeng Picu Gempa Dibawah 5 Magnitudo, Rumah Warga Dicek Ulang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya