Ikuti KKN 45 Hari, 2.645 Mahasiswa Undip Ditugasi Cegah Stunting di 10 Kabupaten

Ribuan mahasiswa Undip bergerak ikut KKN

Semarang, IDN Times - Sebanyak 2.645 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendapatkan sejumlah tugas yang krusial selama mengikuti serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ribuan mahasiswa tersebut berangkat mengikuti KKN di 10 kabupaten yang ada di wilayah Jawa Tengah

1. KKN untuk sebarkan kasih sayang

Ikuti KKN 45 Hari, 2.645 Mahasiswa Undip Ditugasi Cegah Stunting di 10 KabupatenRektor Undip Prof Yos Johan Utama memakaikan topi KKN secara simbolis kepada mahasiswa yang akan berangkat KKN ke 10 kabupaten. (IDN Times/Dok Humas Undip)

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama menyarankan agar masing-masing mahasiswa yang mengikuti KKN selalu menjaga nama baik universitas sekaligus mencari pengalaman baru tentang leadership (kepemimpinan), manajemen, koordinasi, bekerja dengan banyak ilmu, serta berinovasi. 

"Laksanakan Kuliah Kerja Nyata ini sebagai bentuk ibadah, kerahkan ilmu yang didapat karena ilmu-ilmu akan menjadi amaliah, sebarkanlah kasih sayang di mana saja," katanya, saat memberikan bekal bagi mahasiswa yang berangkat KKN dari Lapangan Widya Puraya Tembalang.

Baca Juga: Wow! Kapal Panel Surya Karya Mahasiswa Undip Ikut Lomba di Monaco Juli 2023

2. Ada 2.645 mahasiswa yang ikut KKN di 10 kabupaten

Ikuti KKN 45 Hari, 2.645 Mahasiswa Undip Ditugasi Cegah Stunting di 10 KabupatenRektor Undip Prof Yos Johan Utama saat meresmikan penggunaan mobil elf sebagai sarana untuk membawa ribuan mahasiswa KKN ke 10 kabupaten. (IDN Times/Dok Humas Undip)

Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN), Kurniawan Teguh Martono ST MT mengatakan, KKN yang diikuti 2.645 mahasiswanya tersebut dijadwalkan berlangsung selama 45 hari. 

Saat diberangkatkan ke 10 kabupaten, Teguh menjelaskan para mahasiswa dibawa menggunakan 198 mobil elf untuk diantarkan sampai ke desa tujuan.

"Bentuk kegiatan di lokasi KKN selama 45 hari sebagian besar memberikan edukasi. Mulai dari penanganan, pencegahan dan bahaya narkoba kepada keluarga maupun masyarakat, percepatan penurunan stunting, melakukan pemetaan terhadap potensi desa seperti potensi wisata, UKM atau bencana alam, dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung program SDG’s," ujar Teguh, Jumat (6/1/2023). 

3. Mahasiswa perlu utamakan empat nilai utama

Ikuti KKN 45 Hari, 2.645 Mahasiswa Undip Ditugasi Cegah Stunting di 10 Kabupatenwww.kampusundip.com

Ia berkata KKN yang diikuti mahasiswanya kali ini menyasar 10 kabupaten yang meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri. 

Ia menjelaskan selama KKN di masing-masing kabupaten, dirinya menekankan agar mahasiswanya menonjolkan nilai-nilai co-creation, co-financing, flexibilioty, sustainability serta research based community. 

"Prinsip co-creation bahwa kegiatan-kegiatan KKN disusun berdasarkan gagasan bersama antara universitas, pemda, mitra kerja dan masyarakat. Laku prinsip co-financing artinya pendanaan KKN didukung bersama antara mahasiswa, universitas, pemda, mitra kerja dan masyarakat setempat," tegasnya. 

4. Mahasiswa KKN Undip juga dibebani target

Ikuti KKN 45 Hari, 2.645 Mahasiswa Undip Ditugasi Cegah Stunting di 10 KabupatenProses wisuda secara daring yang digelar di Undip Semarang. (IDN Times/Humas Undip)

Disamping itu, ada juga nilai flexibility dengan mengedepankan situasi dan kebutuhan pemda, mitra kerja dan masyarakat. Untuk prinsip sustainibility perlu dipegang para mahasiswa karena KKN pada suatu lokasi dapat diprogramkan lebih dari satu periode sesuai target. Untuk nilai research based community service, artinya bahwa program kegiatan KKN dilaksanakan berbasis penelitian. 

Lebih lanjut, ia mengaku KKN menjadi salah satu mata kuliah dengan tujuan utama untuk memberikan pengalaman pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proses KKN mempunyai ciri khusus yang memadukan antara teori dengan praktek, sehingga memerlukan landasan idiil yang secara filosofi akan memberikan gambaran dan pengertian yang utuh.

Baca Juga: M Nuh Sebut Banyak Kampus Ngantre Berikan Wakafnya, Undip Ikut Didorong

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya