Ikuti Perintah Jokowi, Ganjar Pranowo Ngaku Sudah Pakai Aspal Buton di Jateng

Ganjar terbitkan SE penggunaan aspal Buton

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerbitkan Surat Edaran (SE) kepada para bupati dan wali kota untuk menggunakan aspal dari Pulau Buton. 

Menurut Ganjar, aspal Buton sebenarnya sudah digunakan untuk melapisi sejumlah ruas jalan di kabupaten/kota Jawa Tengah maupun halaman kantor Gubernur Jateng. 

"Ini bagian dari pelaksanaan atau implementasi menggunakan produk dalam negeri, nah kalau aspal kita dari dalam negeri saja ada kenapa kita tidak mau menggunakan," ujarnya, di sela acara FGD Strategi Percepatan Pembangunan Gender Provinsi Papua Barat di Novotel, Semarang, Jumat (30/9/2022).

1. Ganjar perintahkan pengadaan aspal Buton lewat e-Katalog LKPP

Ikuti Perintah Jokowi, Ganjar Pranowo Ngaku Sudah Pakai Aspal Buton di JatengGubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadirkan FGD terkait kesetaraan gender Papua Barat. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar mengatakan dengan diterbitkannya SE penggunaan aspal Buton, maka bisa mendukung penuh implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). 

Ia menyampaikan, implementasi P3DN diharapkan bisa segera dilakukan tiap daerah. Apalagi untuk pengadaannya mudah dan transparan melalui e-katalog LKPP Provinsi Jateng.

“Setidaknya kalau ada kesempatan dipakai, yang penting gak boleh ada kolusi dan nggak boleh ada korupsinya," lanjutnya. 

Baca Juga: Bisa Produksi Sendiri, Jokowi Akan Larang Impor Aspal

2. Kualitas aspal Buton dianggap bagus

Ikuti Perintah Jokowi, Ganjar Pranowo Ngaku Sudah Pakai Aspal Buton di JatengPemerintah Kota Pemkot Tegal gunakan aspal campuran sampah plastik untuk memperbaiki jalan yang rusak. IDN Times/Haikal Adithya

Ganjar bilang aspal Buton yang digunakan di ruas jalan wilayah Jawa Tengah hasilnya cukup bagus.

"Bahkan, suhunya tidak perlu panas-panas. Maka kita sampaikan, ini ada aspal yang bisa dipakai buatan dalam negeri, ayo kita gunakan," cetusnya. 

3. Ganjar ajak bupati dan walikota pakai produk dalam negeri

Ikuti Perintah Jokowi, Ganjar Pranowo Ngaku Sudah Pakai Aspal Buton di JatengGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan perwakilan Papua Barat dalam acara FGD di Novotel Semarang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Dirinya mengajak kepada para kepala daerah untuk menumbuhkan kepercayaan diri dengan mulai menggunakan produk-produk dalam negeri.

“Kita mesti punya kepercayaan diri untuk kita bisa pakai dan itu juga berlaku kepada produk-produk lain yang memang potensial untuk kita bisa pakai sendiri,” ujarnya.

4. Ganjar: Pak presiden menyampaikan kurangi kemiskinan

Ikuti Perintah Jokowi, Ganjar Pranowo Ngaku Sudah Pakai Aspal Buton di JatengIlustrasi razia pengemis. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Ganjar mengatakan, instruksi P3DN itu juga kembali disinggung Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada acara Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda di Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2022). Jokowi memutuskan tidak akan lagi mengimpor aspal karena melihat potensi aspal sangat besar di Pulau Buton mencapai 662 juta ton.

“Pak presiden menyampaikan kurangi kemiskinan, tekan inflasi, koordinasikan antar daerah. Bupati gubernur wali kota semua harus turun dan jangan lupa, gunakan produk dalam negeri. Nah produk dalam negeri itulah yang beberapa item itu kita dorong termasuk untuk urusan-urusan civil work,” tutur Ganjar.

Baca Juga: PAN Jawab Isu KIB Jadi Sekoci Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya