Jalur Pantura Jateng Terendam Banjir, 1200 Warga Pekalongan Mengungsi

Banjir terjadi dari Brebes sampai Pati

Semarang, IDN Times - Hujan lebat sejak Rabu (19/2) telah memicu banjir yang merata di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Lokasi banjir terparah saat ini berada di Pekalongan.

"Di Pekalongan ada sebanyak 1.200 warga yang mengungsi di tujuh titik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sudaryanto, saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (20/2).

1. Warga Brebes kebanjiran karena ada limpasan air di Sungai Babadan

Jalur Pantura Jateng Terendam Banjir, 1200 Warga Pekalongan MengungsiBanjir akibat sungai meluap di Gampong Blang Bungong, Kecamatan Tangse, Pidie, Aceh, Kamis (25/4/2019) (ANTARA/HO/BPBD Pidie)

Pihaknya kini masih berupaya menanggulangi banjir susulan dengan melibatkan aparat TNI/Polri dan para relawan SAR di Pekalongan.

Di Brebes, katanya, banjir akibat limpasan air Sungai Babadan telah merendam rumah warga di beberapa titik. Namun, ia mengklaim sejauh ini belum ada satupun warga yang mengungsi.

Baca Juga: BMKG: Fenomena Langka Penyebab Pantura Jarang Hujan Selama Januari

2. Banjir juga melanda Kayen, Kudus sampai Semarang

Jalur Pantura Jateng Terendam Banjir, 1200 Warga Pekalongan MengungsiIlustrasi Banjir (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bencana banjir lainnya, menurut Sudaryanto juga terjadi di Kayen, Kabupaten Pati, Grobogan, Kudus dan Demak. Sementara di Kota Semarang, hujan sejak Rabu malam telah menimbulkan banjir yang cukup dalam di Jalan Raya Kaligawe sampai fly over.

"Di Grobogan, banjirnya itu gara-gara ada limpasan air dari hutan yang masuk ke kampung-kampung. Kudus juga ada warganya yang kebanjiran. Kaligawe dari pantauan kami banjirnya cukup tinggi," jelasnya.

Ia mengatakan sejumlah warga telah dievakuasi untuk dipindahkan ke tempat pengungsian sementara. "Kita upayakan kerjasama dengan TNI dan Polri serta relawan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir," imbuhnya.

3. Tanah longsor juga menerjang beberapa titik di Semarang

Jalur Pantura Jateng Terendam Banjir, 1200 Warga Pekalongan MengungsiTanah Longsor Kab. Bandung Barat (dok. BNPB)

Informasi yang dihimpun, di Kota Semarang banjir juga menerjang rumah warga di Muktiharjo Kidul. Di sisi lain, bencana longsor melanda warga di RT 05/03, Kampung Kalilangse Gajahmungkur. 

Selain itu, longsor terjadi di Randusari dan dekat jalur Pasar Meteseh dan Perum Bukit Kencana Tembalang, Lempongsari dan Manyaran. Talut di Kali Bringin Ngaliyan diketahui juga ambrol. Akibatnya pos kampling dan balai RT setempat rusak parah.

Baca Juga: Pasang Puluhan Pompa, BBWS Optimis Kaligawe Bakal Bebas Banjir dan Rob

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya