Kontur Tanah Rendah, 3 Wilayah Jateng Diterjang Rob Pagi Sampai Sore

Warning buat warga Semarang, Pekalongan, dan Demak

Semarang, IDN Times - Stasiun BMKG Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang mengingatkan kepada warga pesisir di tiga kabupaten/kota untuk bergegas menyelamatkan barang berharganya. Pasalnya banjir rob dengan ketinggian bervariasi bakal melanda mulai hari ini, tanggal 5--10 Juli 2023 nanti. 

"Bagi warga yang terdampak, kami berharap mereka selalu memperhatikan update informasi dari Stasiun Maritim Tanjung Emas. Agar kerugian yang diderita bisa diminimalisir," kata Koordinator Data Observasi dan Informasi, Stasiun BMKG Maritim Tanjung Emas Semarang, Ganis Erutjahjo kepada IDN Times, Rabu (5/7/2023). 

Baca Juga: Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir Dulu

1. Banjir melanda pesisir jam sembilan sampai jam empat sore

Kontur Tanah Rendah, 3 Wilayah Jateng Diterjang Rob Pagi Sampai SoreWarga memindahkan barang berharga dari genangan banjir di Desa Pasi Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Minggu (17/11/2019). Tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir menyebabkan ratusan rumah warga dan ratusan hektar perkebunan di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Tengah, Bireun, Aceh Barat, dan Kota Langsa terendam banjir dengan ketinggian 20 sampai 130 cm. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/pd.

Lebih lanjut lagi, pihak BMKG Meteorologi Maritim Tanjung Emas menyatakan banjir rob mulai menerjang pesisir mulai jam 09.00-16.00 WIB. 

"Potensi banjir robnya akan terjadi jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Karena sekarang ini juga muncul bula purnama, maka terjadi puncak air pasang juga," tambahnya. 

2. Daftar titik potensi banjir di tiga kabupaten/kota

Kontur Tanah Rendah, 3 Wilayah Jateng Diterjang Rob Pagi Sampai SoreIDN Times/Fariz Fardianto

Ia menyampaikan banjir rob kali ini tidak melanda semua daerah pesisir. Melainkan hanya ada tiga daerah yang beresiko diterjang banjir. Masing-masing yaitu Kota Semarang, Kabupaten Demak dan Kota Pekalongan. 

Menurut Ganis, dengan topografi atau kontur tanah yang cenderung rendah membuat ketiga daerah tersebut akan dilanda banjir rob dengan ketinggian bervariasi. 

"Di Semarang diperkirakan yang dilanda banjir wilayah Kampung Tambaklorok dan Genuk mungkin akan terkena imbas rob. Untuk Kabupaten Demak banjir rob akan melanda Sayung dan Bonang terutama Kampung Morodemak. Untuk Pekalongan yang akan kebanjiran sekitar Pelabuhan Wonokerto dan Pekalongan Utara," tuturnya. 

3. Ketinggian banjir mulai 10--40 sentimeter

Kontur Tanah Rendah, 3 Wilayah Jateng Diterjang Rob Pagi Sampai SoreKondisi rumah warga yang terendam banjir rob di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/12/2022). ANTARA FOTO/Fikri Muis

Berdasarkan dana analisa pasang surut, katanya ketinggian banjir rob mencapai kisaran 10--30 sentimeter. Tak cuma itu saja, Pelabuhan Wonokerto diprediksi dilanda banjir setinggi 40 sentimeter. 

Namun di sisi lain, ia mengatakan meski selama ini terkenal dengan area langganan banjir, akan tetapi di bulan ini pesisir Rembang, Jepara, Tegal dan Brebes relatif aman dari banjir. 

"Bagi wilayah utara Jepara, Rembang, Tegal dan Brebes masih relatif aman dari kejadian banjir. Soalnya topografi wilayah Pekalongan, Semarang dan Demak lebih rendah ketimbang Pemalang atau Tegal. Misalnya dengan ketinggian air pasang 1,1 sentimeter tentunya di Pemalang lebih aman karena daratannya lebih tinggi," bebernya. 

4. Pemkot Semarang diminta sesuaikan perbaikan infrastruktur dengan potensi rob

Kontur Tanah Rendah, 3 Wilayah Jateng Diterjang Rob Pagi Sampai SoreIlustrasi banjir rob (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Ganis pun menyarankan kepada Pemkot Semarang, Pemkab Demak dan Pemkot Pekalongan guna meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko banjir yang melanda selama proses perbaikan infrastruktur dikerjakan. 

Ketiga pemerintah daerah tersebut diimbau sebaiknya cermat mengamati gejala banjir di siang hari. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan jadwal pengerjaan proyek infrastruktur khususnya di Semarang yang berpeluang dilanda banjir yang cukup tinggi. 

"Bulan ini memang jadi warning bagi Pemda yang memiliki jadwal perbaikan infrastruktur. Sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi potensibbanjir robnya. Sebab, di Semarang termasuk air pasang tertinggi Sehingga akan ada peningkatan banjir rob," ujar Ganis. 

Baca Juga: Miris! Sering Melaut, Ratusan Nelayan Tambaklorok Justru Dapat Popok dan Softex

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya