Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir Dulu

Ganjar minta tolong agar pembebasan tanah di Desa Sriwulan dipercepat

Demak, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar menghadapi kemacetan yang terjadi di ruas jalur Pantura Kaligawe Semarang. 

Ganjar juga mengatakan, kemacetan yang muncul akibat perbaikan jalan di sekitar Kaligawe dan disebabkan banjir. 

“Hari ini saya datang untuk menjelaskan, butuh kesabaran. Nah, kita lagi coba atur traffic managementnya agar ada jalan yang dipahami oleh pengguna pada waktunya rob, kita minggir dulu sampai ini selesai diperbaiki. Jadi kami minta kesabaran dari masyarakat, sementara kami atur jalan-jalan agar bisa menjadi jalan alternatif," ujarnya Kamis (18/5/2023).

Baca Juga: Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para Relawan

1. Ganjar perlu jelaskan secara komprehensif kepada warga yang kena rob

Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir Dulu

Ganjar mengatakan, penjelasan lebih komprehensif harus disampaikan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat yang meluapkan rob maupun kemacetan bisa memahami. 

“Nah apa yang dilakukan pemerintah, sebenarnya sebagian yang lain adalah membuat pekerjaan tanggul laut ini. Dan ini paket-paket yang dikerjakan oleh teman-teman,” katanya.

Baca Juga: Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para Relawan

2. Proyek Tol Demak Paket 1C menyasar lahan Desa Sriwulan

Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir DuluGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Soal proyek Tol Semarang-Demak seksi 1 yang dibangun menjadi tiga paket, ia menjelaskan paket 1A saat ini sedang dikerjakan. 

Kemudian paket 1B untuk tanggul laut. Selanjutnya untuk paket 1C disediakan paket pengerjaan kolam retensi.

“Nah kolam retensi ini nanti akan diambil tanahnya sampai 4 meter ke bawah, terus kemudian depositnya dibuang ke sini (sekitar Desa Sriwulan), kalau dibuang di sini, ini kering nanti,” akunya. 

3. Ganjar minta dukungan

Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir DuluTol Semarang-Demak Seksi 2 ruas Sayung-Demak. (dok. Kementerian PUPR)

Desa Sriwulan adalah desa yang sempat ditengok Ganjar sebelum melihat kemajuan tol yang dibangun dengan anggaran hingga Rp10,9 triliun tersebut. Saat ini, terdapat 198 KK yang masih tinggal dalam kondisi terendam rob parah.

Ganjar berharap, proyek Tol Semarang-Demak seksi 1 paket C bisa segera dikerjakan. Namun, Ganjar juga membutuhkan dukungan dari warga Desa Sriwulan.

4. Ganjar: Tolong bantu dong untuk kebaikan

Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir DuluIlustrasi pembangunan jalan tol Semarang-Demak. (Dok. Pemprov Jateng)

Ganjar mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 triliun untuk mengganti tanah musnah yang kini sudah disesuaikan dengan penilaian. 

“Tapi kami butuh komunikasi dengan masyarakat agar tolong bantu dong agar lebih mudah. ​​Ini untuk kebaikan, sehingga yang tadi di Sriwulan di area ini (sekitar paket 1C) kalau mereka punya hak tanah di sini, bisa membantu percepatan negosiasinya juga gampang. Insyaallah tidak merugikan mereka, maka demi kepentingan bersama, ini manfaatnya lebih gede, ini yang kami sampaikan dari yang ada," tutur Ganjar. 

Baca Juga: Pengusaha Truk Semarang Keluhkan Jalan Akses ke Pelabuhan Tanjung Emas

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya