Mantan Jaksa Agung dan Mahfud MD Jadi Dosen Tamu di USM, Ini Mata Kuliahnya

Hendarman Supandji akan ngajar Magister Hukum

Semarang, IDN Times - Dua tokoh politik nasional dipastikan menjadi dosen tamu di Universitas Semarang (USM). Keduanya atas nama Mantan Jaksa Agung, Hendarman Supandji dan Menko Polhukam, Mahfud MD.

Baca Juga: BNN Peringatkan Mahasiswa USM Jangan Cicipi Narkoba: Bisa Picu Kriminal!

1. Hendarman Supandji dapat SK pengangkatan sebagai dosen tidak tetap

Mantan Jaksa Agung dan Mahfud MD Jadi Dosen Tamu di USM, Ini Mata KuliahnyaGedung USM tampak dari depan. (Dok. Humas USM)

Hendarman Supandji secara resmi dinyatakan menjadi dosen tamu setelah menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai dosen tidak tetap USM pada Senin (6/3/2023) di Jakarta.

SK pengangkatan dosen USM diserahkan Rektor USM, Dr Supari didampingi Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi PhD dan anggota Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo. 

2. Hendarman Supandji jadi dosen bersama Mahfud MD

Mantan Jaksa Agung dan Mahfud MD Jadi Dosen Tamu di USM, Ini Mata KuliahnyaMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kaprodi Magister Hukum USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto mengatakan Hendarman akan mengajar jurusan Magister Hukum bersama Mahfud MD.

''Pak Hendarman akan menjadi dosen Magister Hukum. Para Mahasiswa akan dididik oleh para dosen yang berkompeten di bidangnya seperti Menko Polhukam sekaligus sebagai Ketua Dewan Penyantun USM Prof Dr Mahfud MD, Prof Sudharto P Hadi, MES, PhD, dan para profesor dan doktor yang sudah senior keilmuwannya," kata Kukuh, Selasa (7/3/2023). 

3. Prodi Magister Hukum terkoneksi dengan Polda dan Pemkot Semarang

Mantan Jaksa Agung dan Mahfud MD Jadi Dosen Tamu di USM, Ini Mata KuliahnyaKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Rektor USM Dr Supari saat bertukar cenderamata. (Dok Humas USM)

Dirinya menyatakan, prodi Magister Hukum sudah banyak meluluskan para pakar hukum yang menguasai lini organisasi pemerintahan maupun instansi swasta.

Ada tiga konsentrasi dalam prodi Magister Hukum USM. Masing-masing Konsentrasi Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, dan Hukum Bisnis.

Magister Hukum USM telah membangun Networking dengan Polda Jateng, Pemkot Semarang, UNA Sumatera, INI Jakarta, Peradi Kendal.

4. Banyak dokter dan polisi ikut kuliah di Magister Hukum USM

Mantan Jaksa Agung dan Mahfud MD Jadi Dosen Tamu di USM, Ini Mata KuliahnyaWagub Jatim Emil Dardak berpose dengan Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi PhD, Dekan Fakultas Teknik USM Dr Purwanto MT, Wakil Dekan Ferry Firmawan PhD, Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Hendrianto Sundaro MT. (IDN Times/bt)

Ia juga mengeklaim, semua alumni S1 berbagai disiplin ilmu bisa menimba ilmu di Magister Hukum USM.

"Akhir-akhir ini tidak hanya lulusan S1 Ilmu Hukum, para lawyer dan polisi yang kuliah S2 Ilmu Hukum USM, tetapi juga para dokter yang sudah bergelar spesialis banyak kuliah di S2 Ilmu Hukum USM. Selain itu lulusan S1 dari Ilmu Pemerintahan, Ilmu Ekonomi, Arsitek, Teknik Sipil, Manajemen, Kependidikan, Agama dan Ilmu Sosial lainnya juga banyak yang kuliah di S2 Hukum USM," jelasnya. 

Ia bilang, hal itu dimaksudkan agar ada sinergitas dan implementasi dari Tri Dharna, yaitu aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: Emil Dardak Sambangi Kampus USM, Perkuat Riset Dengan Fakultas Teknik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya