Marak Kecelakaan, Prajurit Kodam Diponegoro Diminta Santun saat Mengawal

Angka kecelakaan masih tinggi

Semarang, IDN Times - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto memerintahkan seluruh prajuritnya agar bersikap lebih santun lagi saat ikut mengawal rombongan pejabat di jalan raya. Proses pengawalan juga perlu hati-hati agar bisa meningkatkan kepatuhan prajurit TNI dalam berlalu lintas.

"Saya minta seluruh jajaran Pomdam untuk melatihkan saat pengawalan agar lebih santun, lebih baik dan berhati - hati. Semoga seluruh prajurit Kodam IV/Diponegoro menjadi prajurit prajurit yang profesional," kata Rudianto dalam keterangannya kepada IDN Times, Senin (21/2/2022).

 

1. Pangdam Diponegoro minta prajuritnya lebih profesional saat naik motor

Marak Kecelakaan, Prajurit Kodam Diponegoro Diminta Santun saat MengawalIlustrasi/TNI AD ketika bercengkerama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di Markas Besr TNI AD (Dokumentasi TNI AD)

Ia secara khusus juga berterima kasih kepada Danpomdam IV Diponegoro Kolonel Cpm Widyo Wahyono yang berusaha melatih sekaligus membina prajuritnya dalam rangka menegakan kedisiplinan saat melakukan pengawalan.

Prajurit TNI, katanya ke depan harus lebih profesional saat berkendara maupun berlalu lintas. 

Baca Juga: Kodam Diponegoro Perketat Monitor Kesehatan Prajurit TNI saat COVID-19

2. Pangdam: Mari kita tingkatkan kepedulian saat berlalu lintas

Marak Kecelakaan, Prajurit Kodam Diponegoro Diminta Santun saat MengawalPolwan Polda Jateng tampilkan atraksi safety riding di Kodam Diponegoro. (IDN Times/Humas Kodam IV Diponegoro Semarang)

Tak cuma itu saja, Rudianto juga memperingatkan hal serupa kepada personel Polisi Militer yang kerap mengawal rombongan.

"Mari kita tingkatkan kepedulian kita dalam berlalu lintas, sehingga kita selamat mulai dari pergerakan sampai tujuan," bebernya.

Saat memberikan sambutan di Lapangan Parade Kodam IV Diponegoro, Jalan Perintis Kemerdekaan Pudakpayung, ia turut menyaksikan atraksi safety riding yang ditampilkan para personel Polda Jateng. 

Adapun petinggi Kodam Diponegoro yang turut mendampingi Pangdam seperti Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Parwito, Irdam IV Diponegoro Brigjen TNI Aby Ismawan, Kapok Sahli Pangdam IV Diponegoro Kolonel Inf Kus Hariyono, Asrendam, Kabalakdam IV Diponegoro hingga Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryonugroho.

3. Kecelakaan yang melibatkan prajurit Kodam Diponegoro masih tinggi

Marak Kecelakaan, Prajurit Kodam Diponegoro Diminta Santun saat MengawalLatihan amfibi yang melibatkan alutsista TNI AL di perairan Dabosingkep, Riau yang jadi bagian dari Latihan Armada Jaya XXXXI pada 2021. Latihan tahunan itu diikuti oleh 4.300 prajurit TNI AL. (www.instagram.com/@tni_angkatan_laut)

Menurutnya adanya atraksi safety riding bertujuan menyadarkan prajuritnya supaya bisa meningkatkan kedisiplinan saat berkendara terutama lebih patuh aturan lalu lintas.

"Kita menunjukan cara berkendara dengan benar untuk menunjukan sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas yang masih cukup tinggi yang melibatkan personel Kodam IV Diponegoro," urainya.

Baca Juga: Acara Diskusi Wadas Tetap Berlangsung, Ini Respon Polda Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya