Narkoba Sering Dilempar ke Lapas Kedungpane, 60 Petugas Geledah Sel Napi

Narkoba diduga dilempar orang yang manjat pohon

Semarang, IDN Times - Upaya penyelundupan narkoba dengan melemparkan lewat tembok Lapas Kedungpane Semarang, saat ini sedang diselidiki. Tim gabungan dari Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) Kelas IA Kedungpane mempertebal pengawasan dengan mengerahkan puluhan sipir untuk melacak peredaran narkoba di kalangan antar narapidana. 

1. Penggeledahan kamar napi dilakukan secara acak

Narkoba Sering Dilempar ke Lapas Kedungpane, 60 Petugas Geledah Sel NapiIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala KPLP Kedungpane Semarang, Suparno mengaku ada sekitar 60 petugas sipir yang diterjunkan untuk menggeledah semua kamar yang dihuni narapidana.

"Semua kamar napi kita geledah secara acak. Paling tidak ada 60 sipir yang kita tugasi untuk melacak peredaran narkoba di blok sel tahanan. Satu kamar narapidana digeledah sekitar lima sampai enam petugas," kata Suparno ketika dikontak IDN Times, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Bikin Heboh! Ada Sabu 4,3 Gram Dibungkus Masker di Lapas Kedungpane

2. Pil koplo dan narkoba dilempar dengan cara naik pohon

Narkoba Sering Dilempar ke Lapas Kedungpane, 60 Petugas Geledah Sel NapiKepala Lapas Kedungpane menunjukan pil Riklona yang diselundupkan di dalam lapasnya. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Tak cuma itu saja, ia masih menyelidiki keterlibatan oknum yang melemparkan pil koplo dan sabu ke dalam tembok lapas. Hasil penyelidikan sementara ini ada dugaan pil koplo maupun sabu dilemparkan oleh seseorang yang naik keatas pohon. 

"Di belakang lapas kan hanya ada kebun milik warga. Kita gak tahu siapa yang sering ngelemparin nakoba ke tembok. Tapi dari dugaan kita, ada indikasi dilakukan oleh orang-orang dengan manjat pohon belakang lapas, narkobanya dilemparkan lewat situ," tegasnya.

3. Lapas minta bantuan poliisi untuk awasi gerak-gerik orang di luar tembok

Narkoba Sering Dilempar ke Lapas Kedungpane, 60 Petugas Geledah Sel NapiPemasangan CCTV di tembok Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Ia menyebutkan aktivitas para narapidana di Lapas Kedungpane saat ini diawasi ketat. Pihaknya sudah meminta bantuan kepada Polsek Ngaliyan untuk meningkatkan pengawasan di luar tembok lapas maupun di dalam lapas.

"Kita kerjasama dengan Polsek. Ini kita lakukan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas. Kita sekarang juga bertahap menambah CCTV," ujar Suparno.

4. Petugas bersenjata laras panjang dikerahkan

Narkoba Sering Dilempar ke Lapas Kedungpane, 60 Petugas Geledah Sel NapiIlustrasi Penembak (IDN Times/Mardya Shakti)

Dilain pihak, Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane, Supriyanto membenarkan bahwa saat ini pemasangan kamera pengintai atau CCTV telah diperbanyak. Lokasi CCTV ada di setiap sudut area tembok beranggang. 

Selain itu, pihaknya juga menerjunkan petugas senjata laras panjang untuk mengawasi pergerakan masyarakat di wilayah terdekat dengan lapasnya.

"Hal ini membantu deteksi dini gangguan keamanan serta mengoptimalkan pengawasan," tuturnya. 

5. Ada 54 CCTV sudah dipasang di Lapas Kedungpane

Narkoba Sering Dilempar ke Lapas Kedungpane, 60 Petugas Geledah Sel NapiDi tembok beranjang Lapas Kedungpane ada puluhan CCTV. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Penambahan CCTV juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kontrol secara berkala. Sementara ini sudah terpasang 54 CCTV yang tersebar di berbagai sudut lapas.

"Kita tambah lagi 6 CCTV pada tembok belakang lapas yang bersampingan dengan lahan kosong warga sekitar. Secara bertahap akan dilengkapi,” katanya.

Baca Juga: Patroli Keliling, Sipir Lapas Kedungpane Temukan 1 Bungkus Sabu Selundupan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya