Perdana! Ganjar Gunduli Kepala buat Anak Penderita Kanker di Semarang

Ganjar baru pertama kali cukur gundul untuk gerakan ini

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memutuskan mencukur gundul rambutnya sebagai bentuk empati terhadap anak-anak penderita kanker. Ganjar menggunduli kepalanya di rumah dinas. Ia pun bergabung secara virtual pada acara Berani Gundul yang terpusat di Mal Paragon, Semarang. 

1. Bagian untuk memperingati Hari Kanker Anak Sedunia

Perdana! Ganjar Gunduli Kepala buat Anak Penderita Kanker di SemarangGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cukur gundul yang disaksikan secara virtual. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Ganjar ikut menyapa sejumlah anak penderita kanker yang bergabung secara virtual dari Manado, Surabaya, hingga Semarang.

“Wah, ini keren, sebentar lagi saya ikut gundul. Semangat, ya," ujar Ganjar dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (28/2/2022). 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut Pasien COVID-19 Meninggal Akibat Belum Divaksin

2. Ganjar Pranowo baru pertama kali mencukur gundul

Perdana! Ganjar Gunduli Kepala buat Anak Penderita Kanker di SemarangGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dicukur gundul saat Hari Kanker Anak Sedunia. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Ganjar mengaku sudah tak asing dengan peringatan Hari Kanker Anak Sedunia. Meski baru pertama kali ikut memeringati Hari Kanker Anak Sedunia dari tahun 2019, dirinya tak pernah ikut cukur gundul. 

ia mengaku baru kali pertama ini mencukur gundul dan berdonasi kepada anak-anak penderita kanker. 

"Solidaritas gaya anak-anak muda itu menurut saya keren. Membangun empati dengan berani gundul kemudian memberikan donasi. Jadi kalau rambut itu kan bisa tumbuh lagi, mau dipotong kaya apa pun kan bisa tumbuh lagi. Tapi membangun empati solidaritas menurut saya penting," tambah Ganjar.

3. Aksi Ganjar diharapkan bisa mematik daerah lainnya

Perdana! Ganjar Gunduli Kepala buat Anak Penderita Kanker di Semarangilustrasi ibu mendampingi anak remajanya yang mengidap kanker sarkoma Ewing (cancer.org)

Soal rambut barunya, Ganjar mengaku sudah beberapa kali cukur gundul dengan menyisakan satu sampai tiga centimeter. Ganjar merasa lebih ringan dan sejuk.

Andy F Noya yang ikut menyemarakkan aksi cukur gundur pun mengucapkan terima kasih kepada Ganjar yang berkenan mengikuti aksi Berani Gundul. Andy berharap, aksi Ganjar memantik kepala daerah lain sehingga donasi yang didapat juga makin banyak.

4. Seorang ibu ikut kumpulkan donasi puluhan juta rupiah

Perdana! Ganjar Gunduli Kepala buat Anak Penderita Kanker di Semarangilustrasi donasi (pexels.com/id-id/julia m cameron)

Terpisah, sejumlah orang ikut cukur gundul saat Hari Kanker Anak diadakan di Mal Paragon, Semarang. Salah satu peserta, seorang ibu bernama Ulin ikut berdonasi meringankan beban biaya pengobatan bagi anak-anak penderita kanker.

"Tadi lumayan sudah terkumpul mungkin hari ini 70--80 juta dapat. Mudah-mudahan itu juga akan bisa membantu karena memang mereka perlu bantuan," bebernya. 

Baca Juga: Tekan Omicron, Polisi di Jateng Razia 14 Hari: Terobos Bangjo Disikat!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya