Petugas Damkar Selamatkan 680 Satwa Selama 2023, Meningkat Saat Kemarau

Tim rescue tetap berjibaku saat cuaca panas

Semarang, IDN Times - Petugas animal rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang telah berhasil menyelamatkan tak kurang 680 satwa selama periode Januari--November 2023. Proses penyelamatan terbanyak dilakukan pada jenis ular, lebah dan kucing.

Baca Juga: Petugas Damkar Semarang Pakai APD Gantian, Pemkot Cairkan Anggaran Belanja Tak Terduga

1. 680 satwa diselamatkan Damkar

Petugas Damkar Selamatkan 680 Satwa Selama 2023, Meningkat Saat KemarauDua personel Damkar Semarang saat mengevakuasi monyet ekor panjang dari Kampung Dewi Sartika Sampangan. (IDN Times/Dok Damkar Kota Semarang)

Menurut Kepala Seksi Penyelamatan Damkar Kota Semarang, Listiyono upaya penyelamatan satwa dilakukan dengan berbagai cara sesuai tingkat kesulitan di tiap lokasi kecamatan. 

"Jadi selama tahun ini ada 925 kali aksi penyelamatan yang dilakukan petugas rescue. Dan yang bisa diselamatkan berjumlah 680 ekor satwa. Itu ada macam-macam. Tapi paling banyak kucing, sarang tawon, monyet, ular. Yang terakhir itu luwak liar," ujar Listiyono saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (16/11/2023). 

2. Laporan warga paling banyak saat Agustus

Petugas Damkar Selamatkan 680 Satwa Selama 2023, Meningkat Saat KemarauAlvin dan anak perempuannya saat menerima kucingnya yang berhasil diselamatkan petugas Damkar Kota Semarang. (IDN Times/Dok Damkar Kota Semarang)

Lebih jauh lagi, jumlah penyelamatan satwa meningkat drastis ketika memasuki musim kemarau. 

Tercatat mulai Agustus 2023 hingga awal November 2023, terdapat puluhan laporan bahkan sampai 100 laporan lebih per bulan karena banyak warga yang merasa terganggu dengan munculnya satwa liar di sekitar rumahnya. 

"Kalau selama kemarau ya tambah banyak yang lapor. Karena dengan suhu udara yang kering dan cuaca panas membuat hewan-hewan liar bermunculan di pemukiman warga," jelasnya. 

Berdasarkan data laporan Damkar Kota Semarang, laporan penemuan satwa terbanyak pada Januari, Agustus dan September. Di bulan Agustus dan September misalnya, ada 100--104 kali penyelamatan dengan jumlah satwa sebanyak 58--70 ekor. 

3. Seekor luwak juga masuk ke kamar mandi

Petugas Damkar Selamatkan 680 Satwa Selama 2023, Meningkat Saat Kemarauunsplash.com/Heri Susilo

Terpisah, seorang petugas tim rescue 4 Damkar Kota Semarang, Imam mengaku mendapat laporan hari Selasa (14/11/2023) kisaran jam 23.00--00.21 WIB dini hari adanya laporan warga yang menemukan seekor musang liar di kamar mandi.

Yang melapor adalah Azhari, warga Perumahan D'celesta Residence Bulusan Tembalang.

"Saat kejadian dia melaporkan adanya musang di rumahnya, kemudian meneruskan ke tim rescue untuk ditindak lanjuti. Waktu kami ke sana, musangnya memang liar. Mungkin dia dari habitat liar lalu masuk ke rumah. Untuk evakuasinya tidak ada kendala sama sekali," terangnya.

Baca Juga: Wahidin Kejepit Mesin Adonan Roti, Personel Damkar Evakuasi 1,5 Jam

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya