Petugas Medis Awasi 2.622 TKI yang Pulang ke Jateng saat Akhir Tahun

Awas, ya! Jangan sampai kecolongan

Semarang, IDN Times - Sebanyak 2.622 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri memutuskan pulang kampung ke Jawa Tengah menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Berdasarkan pemantauan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah, para TKI tersebut selama ini bekerja di Singapura, Hongkong, Taiwan, dan Korea Selatan. 

1. Lima daerah di Jateng jadi tujuan TKI

Petugas Medis Awasi 2.622 TKI yang Pulang ke Jateng saat Akhir TahunTKI asal Malaysia senam dan berjemur di Lanud Militer Soewondo, Medan (ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)

Kepala Disnakertrans Jateng, Sakina Rosellasari mengatakan, ribuan TKI terdeteksi pulang ke Jawa Tengah dalam kurun waktu 1 Januari hingga 13 November 2021 kemarin. 

"Kita telah memantau gelombang pemulangan TKI terjadi, hingga 13 November 2021 kemarin. Dari 35 kabupaten/kota, TKI paling banyak pulang ke Cilacap sebanyak 514 orang, 351 orang ke Brebes, 297 orang ke Kendal, 188 orang ke Pati dan 153 orang ke Banyumas," kata Sakina kepada IDN Times, Selasa (16/11/2021). 

Baca Juga: Malaysia Lockdown, TKI yang Pulang ke Semarang Wajib Kumur Air Garam

2. Ada 2.287 TKI pulang lewat Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Petugas Medis Awasi 2.622 TKI yang Pulang ke Jateng saat Akhir TahunIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Sakina menjelaskan kepulangan para TKI saat ini telah terpantau oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI). Pihaknya memastikan proses pemulangan TKI dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara Juanda Surabaya. 

"Yang pulang lewat Bandara Soekarno-Hatta sekitar 2.287 orang. Lalu yang pulang dari Juanda ada 236 orang," urainya. 

3. Disnaker klaim TKI yang depresi langsung ditangani Kemensos

Petugas Medis Awasi 2.622 TKI yang Pulang ke Jateng saat Akhir TahunMuhamad Adimaja/ANTARA FOTO

Ia menyebutkan kurang lebih 945 orang TKI asal Jawa Tengah selama ini bekerja di Taiwan. Kemudian 493 TKI bekerja di Singapura, 379 TKI bekerja di Malaysia, 359 TKI bekerja di Hongkong dan sekitar 273 TKI bekerja di Korea Selatan. 

Sakina berkata TKI yang diizinkan pulang harus benar-benar dalam kondisi sehat terutama tidak terinfeksi virus Corona. Sebelum pulang, TKI menjalani karantina terlebih dahulu di Jakarta maupun Surabaya. Proses karantina bagi TKI dijalani selama 8 hari. 

"Bagi TKI yang telah dinyatakan sehat wajib membawa surat kesehatan dari petugas Kemenkes di lokasi karantina. Namun kalau diketahui mengalami depresi, maka akan ditangani Kemensos. Bagi TKI yang sakit dirujuk ke rumah sakit yang difasilitasi oleh pihak BP2MI," jelasnya. 

4. Para TKI yang tiba di kampungnya diawasi petugas Puskesmas

Petugas Medis Awasi 2.622 TKI yang Pulang ke Jateng saat Akhir TahunTKI Ilegal yang diamankan TNI AL dari perairan Batubara Sumatera Utara, Minggu (3/5) malam (Istimewa)

Ia menyebutkan setibanya di Jawa Tengah melalui jalur darat maupun jalur udara, para TKI baru diizinkan melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya masing-masing.

"Keberadaan mereka tetap dipantau oleh tim medis Puskesmas setempat," terangnya. 

Baca Juga: Ribuan TKI Masuk ke Jateng Pasca Idul Fitri, Kontrak Kerja Habis

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya