Malaysia Lockdown, TKI yang Pulang ke Semarang Wajib Kumur Air Garam

Air garam diyakini bisa cegah Corona

Semarang, IDN Times - Keputusan Malaysia yang melakukan lockdown yang kedua bakal mempengaruhi kelangsungan hidup para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Jiran tersebut. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Semarang mempersilahkan kepada para TKI untuk pulang kampung ke Ibukota Jateng jika dirasa mengalami kesulitan saat lockdown di Malaysia.

"Kita pastikan setiap TKI boleh pulang ke Semarang. Kita membuka pintu selebarnya bagi para pekerja yang mengalami kesulitan akibat lockdown yang diberlakukan di Malaysia pada bulan ini," kata Sutrisno, Kepala Disnakertrans Kota Semarag ketika dikonfirmasi IDN Times, Rabu (2/6/2021).

1. Para TKI paling banyak berasal dari Demak, Kendal dan Grobogan

Malaysia Lockdown, TKI yang Pulang ke Semarang Wajib Kumur Air GaramSejumlah TKI yang ada di Malaysia (ANTARA Foto/Agus Setiawan)

Sutrisno menyebutkan saat ini masih mendata ulang jumlah TKI yang sedang bekerja di Malaysia. Ia memperkirakan jumlah TKI yang berasal dari Semarang sangat sedikit mengingat kebanyakan pekerja migran berasal dari daerah satelit macam Kabupaten Kendal, Demak dan Grobogan.

Lebih lanjut, ia mengaku setiap TKI harus mengedepankan standar protokol kesehatan yang ketat ketika pulang ke Semarang. 

Baca Juga: Mutasi Corona B117 Masuk Jateng, TKI Brebes Positif, 8 Orang Isolasi

2. TKI yang pulang ke Semarang wajib kumur pakai air garam

Malaysia Lockdown, TKI yang Pulang ke Semarang Wajib Kumur Air Garamilustrasi TKI (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Ia menyarankan kepada para TKI untuk meningkatkan imunitas tubuhnya sebelum pulang ke Semarang. Mereka, kata Sutrisno wajib mematuhi aturan memakai masker, menghindari kerumunan, wajib mencuci tangan dan berjaga jarak saat berada di ruang tunggu bandara maupun pelabuhan.

"Yang paling penting, sebelum pulang ke Semarang mereka kita anjurkan perbanyak kumur-kumur pakai air garam. Minimal sehari tiga kali. Ini sangat penting agar sel-sel pada tenggorokan yang terbuka bisa tertutup kembali. Sehingga bisa mencegah penularan virus Corona selama dalam perjalanan," ujarnya.

3. Petugas Disnaker akan jemput TKI yang tiba di bandara dan pelabuhan

Malaysia Lockdown, TKI yang Pulang ke Semarang Wajib Kumur Air GaramIlustrasi TKI yang akan berangkat ke luar Indonesia di masa pandemik (IDN Times)

Ia bilang air garam sebetulnya memiliki kandungan zat yang bagus untuk mencegah masuknya virus Corona di dalam tubuh seseorang. Dengan kumur-kumur memakai air garam, paling tidak bisa menjaga imun tubuh ketika TKI menempuh perjalanan laut maupun udara menuju Semarang.

"Dan ketika mereka tiba di Pelabuhan Tanjung Emas maupun Bandara Ahmad Yani, ada para petugas Disnaker yang menjemputnya. Saat ini kita sudah berkoordinasi dengan Disnakertrans Jateng untuk menyambut pemulangan TKI dari Malaysia," katanya.

Selain itu, ia menyampaikan telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memeriksa kondisi para TKI setibanya di bandara dan pelabuhan. "Semoga kepulangan mereka gak membawa penularan COVID-19 sehingga kita semua dapat terjaga kesehatannya dan angka penularan dapat menurun," tandasnya. 

Baca Juga: Ribuan TKI Masuk ke Jateng Pasca Idul Fitri, Kontrak Kerja Habis

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya