Puskesmas Ngaliyan Periksa Gula Darah 37 Napi Lansia Lapas Kedungpane

Lapas Kedungpane kolaborasi dengan Puskesmas Ngaliyan

Semarang, IDN Times - Para petugas Puskesmas Ngaliyan Semarang mengadakan pemeriksaan kesehatan di Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang, Jumat (3/11/2023). 

Yang mereka sasar yaitu puluhan narapidana yang sudah lansia. Tercatat dari informasi pihak Lapas Kedungpane ada 37 narapidana lansia yang mengikuti pemeriksaan kesehatan. 

 

Baca Juga: Catat! Begini Aturan Baru untuk Membesuk Napi Lapas Kedungpane

1. Puskesmas Ngaliyan beri layanan posyandu lansia

Puskesmas Ngaliyan Periksa Gula Darah 37 Napi Lansia Lapas KedungpanePara narapidana lansia mengantre untuk diperiksa kesehatannya oleh pihak Puskesmas Ngaliyan. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Kepala Lapas Kedungpane, Usman Madjid menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan Puskesmas Ngaliyan merupakan bagian dari layanan posyandu lansia.

Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada warga binaan yang sebagian besar adalah kelompok usia lanjut.

“Dengan melibatkan peran Puskesmas Ngaliyan dalam kegiatan ini maka akan mempererat sinergi kami dalam tujuan kemanusiaan yaitu mendorong dan memfasilitasi warga binaan lansia untuk tetap aktif, produktif, dan mandiri serta meningkatkan komunikasi di antara warga binaan lanjut usia,” katanya. 

2. Napi lansia diperiksa berat badannya sampai dicek gula darahnya

Puskesmas Ngaliyan Periksa Gula Darah 37 Napi Lansia Lapas Kedungpaneilustrasi gula darah rendah (freepik.com/Xb100)

Kegiatan posyandu lansia ini mencakup pemeriksaan berat badan, suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah sewaktu. 

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyuluhan tentang kebutuhan gizi bagi kesehatan tubuh bagi narapidana lansia oleh petugas puskesmas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat khususnya lapas. Sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia," papar Usman. 

3. Para napi juga diajak senam poco-poco

Puskesmas Ngaliyan Periksa Gula Darah 37 Napi Lansia Lapas KedungpaneSejumlah narapidana lansia juga diajak senam poco-poco untuk meningkatkan kebugaran. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Diawali dengan senam poco-poco, kemudian kegiatan diakhiri dengan pemberian makanan tambahan, kegiatan yang dilaksanakan di aula kunjungan Lapas Kedungpane ini dilaksanakan setiap hari Jumat di awal bulannya.

Baca Juga: BNN-Polda Jateng Dilibatkan Deteksi Penyelundupan Narkoba di Lapas Kedungpane

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya