Razia Petasan di Jateng Digencarkan, 40 Orang Jadi Tersangka, Segini Barang Buktinya

Direskrimsus perintahkan kasat reserse bergerak

Semarang, IDN Times - Pasca ledakan petasan yang menewaskan seorang tukang batu di Kaliangkrik Magelang, aparat gabungan Ditreskrimsus Polda Jateng bergerak untuk menertibkan para produsen petasan di seluruh wilayahnya. 

Baca Juga: Mercon yang Tewaskan Tukang Batu di Magelang Sifatnya Low Explosive, Ini Isinya

1. Para serse diperintah sweeping pedagang dan produsen petasan

Razia Petasan di Jateng Digencarkan, 40 Orang Jadi Tersangka, Segini Barang BuktinyaDireskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagyo saat memaparkan temuan Minyakita di gudang Toko Pasar Weleri Kendal. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Penertiban dilakukan dengan merazia semua penjual, distributor dan pembuat petasan. Terutama para produsen petasan di rumah, suplier, distributor maupun para penjual bahan petasan. 

"Sesuai instruksi Kapolda, kita laksanakan sweeping obat mercon dan produk mercon yang berpotensi mengancam jiwa. Saya perintahkan semua kasat reserse bergerak. Di Semarang sudah ditemukan dua TKP (tempat kejadian perkara)," kata Direskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Dwi Subagio saat dikonfirmasi di markasnya Jalan Sukun Raya, Banyumanik Semarang, Selasa (28/3/2023).

2. Ditemukan bahan baku petasan 20--70 kilogram

Razia Petasan di Jateng Digencarkan, 40 Orang Jadi Tersangka, Segini Barang BuktinyaIlustrasi kondisi lokasi ledakan petasan di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. (Dok. IDN Times)

Ia menyebutkan rata-rata bahan baku pembuat petasan berasal dari potasium, belerang dan sejumlah alat pembuat mercon yang sifatnya low explosive

Para personel yang bergerak tersebar di 17 Polres. Di masing-masing lokasi kejadian, pihaknya menemukan dua tempat produksi petasan. 

"Ada 17 Polres yang bergerak, masing-masing Polres menemukan dua sampai tiga TKP. Untuk pembuat mercon satu TKP punya 10 kilogram, ada yang 20 kilogram, ada 40 kilogram bahkan ada 70 kilogram itu yang di Cilacap. Ada yang sudah jadi siap edar dan siap jual. Berdasarkan hasil koordinasi Opsnal Brimob, bahan baku mercon agar tidak disimpan lama," tuturnya. 

3. Terdapat 30--40 tersangka yang ditangkap saat razia petasan

Razia Petasan di Jateng Digencarkan, 40 Orang Jadi Tersangka, Segini Barang BuktinyaKalbar.antaranews.com

Ditreskrimsus kini telah menetapkan 30--40 tersangka dadi aktivitas razia di lokasi pembuatan petasan se-Jateng. Untuk setiap lokasi razia, pihaknya mengamankan dua sampai tiga tersangka. 

Dengan adanya razia petasan yang sedang dilakukan saat ini, pihaknya mengimbau supaya masyarakat tidak coba-coba menjual petasan tanpa izin. 

"Kita imbau tidak menjual petasan tanpa izin. Instruksi sita ya kita lakukan penyitaan. Sesuai perintah Kapolda tidak boleh lagi ada produksi mercon ilegal. Jateng harus bersih dari produksi mercon," tegasnya. 

Baca Juga: Kapolda Jateng Pimpin Sidang Pemecatan 5 Anggota Terlibat Calo Bintara

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya