RS Kariadi Sediakan 12 Kasur untuk Rawat Caleg Depresi, Dilengkapi Ping-pong dan Puzzel

RS Kariadi siap sambut kedatangan para caleg

Semarang, IDN Times - Penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya membuat membuat petugas KPU dan Bawaslu menjadi sangat sibuk. Pihak rumah sakit di Semarang juga tak kalah sibuknya karena harus menyiapkan sejumlah fasilitas medis untuk menangani para pasien dari kalangan calon legislatif (caleg). 

Baca Juga: Kritik Kemenkes Diduga Jadi Alasan Pemberhentian Ahli Bedah Syaraf Zainal Muttaqin Dari RS Kariadi

1. RS Kariadi sediakan 12 kasur untuk caleg

RS Kariadi Sediakan 12 Kasur untuk Rawat Caleg Depresi, Dilengkapi Ping-pong dan PuzzelIlustrasi pengunjung di RSUP dr. Kariadi Semarang. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Salah satunya dilakukan RSUP dr Kariadi Semarang. Terletak di Jalan dr Sutomo, Kelurahan Randusari, saat ini terdapat 12 tempat tidur di RSUP dr Kariadi yang disediakan khusus untuk merawat para caleg. 

"Penanganan menyesuaikan kondisi kejiwaan masing-masing," Koordinator Humas RSUP Kariadi Semarang, Vivi Vira Viridianti, Kamis (23/11/2023). 

2. Fasilitas kamar disesuaikan dengan kebutuhan pasien

RS Kariadi Sediakan 12 Kasur untuk Rawat Caleg Depresi, Dilengkapi Ping-pong dan PuzzelIlustrasi Lorong Rumah Sakit. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Lebih lanjut, Vivi sapaan akrabnya menyampaikan bahwa ada 12 tempat tidur yang disiapkan bagi caleg yang mengalami depresi pasca tahapan coblosan. Belasan kamar tidur itu sudah dilengkapi dengan fasilitas dan lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Ia menuturkan fasilitas ruang yang diberikan bagi pasien kalangan caleg yaitu terdiri dari ruangan yang dilengkapi empat tempat tidur khusus dengan gejala gaduh gelisah. 

3. Bangsal caleg dilengkapi karaoke, meja ping-pong dan aneka mainan

RS Kariadi Sediakan 12 Kasur untuk Rawat Caleg Depresi, Dilengkapi Ping-pong dan Puzzelilustrasi kamar pasien di klinik (unsplash.com/Nightingale Home nurse)

Di samping itu, ada juga sarana penyembuhan mental di taman dan ruang bermain. Pihaknya mengaku fasilitas lain yang disiapkan berupa ruang terapi aktivitas kelompok, meja ping-pong, alat karaoke, catur, ular tangga, gitar, mainan puzzel. 

"Jadi kami pastikan tetap terjaga mutunya. Ada ruangan pasien depresi dan ganguan kesehatan mental lainnya yang kami siapkan sesuai standar Internasional," akunya. 

Soal pengananan bagi pasien depresi kategori berat, lanjutnya nantinya akan dilakukan rawat inap serta didampingi dan dipantau tim dokter spesialis dan psikiater. 

Baca Juga: IDAI Ungkap Jenis Obat Penawar Gagal Ginjal Akut yang Dikirim ke RS Kariadi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya