Rudenim Semarang Fokus Tingkatkan Citra Indonesia Lewat Layanan Deteni

KemenpanRB lakukan penilaian zona integritas

Semarang, IDN Times - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang mengaku sedang berusaha memaksimalkan pelayanan bagi para deteni atau WNA di tempat penampungan demi meningkatkan citra bangsa Indonesia di mata dunia. 

Baca Juga: Rudenim Jakarta Overload, 12 WNA Ilegal Dipindah ke Semarang

1. Berikan perlakuan yang baik bagi deteni

Rudenim Semarang Fokus Tingkatkan Citra Indonesia Lewat Layanan DeteniKepala Rudenim Semarang Retno Mumpuni menyampaikan progres pembenahan sarpras di kantornya. (IDN Times/Dok Humas Rudenim Semarang)

Kepala Rudenim Semarang, Retno Mumpuni menjelaskan bahwa perlakuan yang baik dan manusiawi kepada para deteni setidaknya bisa membuat mereka akan menceritakan yang baik juga ketika sudah dipulangkan ke negara asalnya. 

"Kami berharap bahwa kami bisa meningkatkan citra Indonesia di mata dunia karena deteni itu saat terakhir dia berada di rumah detensi Semarang, kalau mereka kita perlakukan dengan baik berarti citra Rudenim akan dibawa ke negara dia berasal. Jadi itu setidaknya membawa citra baik bagi kita, Direktorat Jenderal imigrasi, Kemenkumham beserta Indonesia," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (4/9/2023). 

2. Kemenpan beri penilaian untuk zona integritas

Rudenim Semarang Fokus Tingkatkan Citra Indonesia Lewat Layanan DeteniPara petugas Rudenim Semarang saat memakai atribut untuk penilaian zon integritas. (IDN Times/Dok Humas Rudenim Semarang)

Tak cuma itu saja, untuk membenahi sarana dan prasarana, Kementerian Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) juga menggelar evaluasi wawancara oleh Tim Penilai Nasional (TPN) secara daring melalui zoom meeting.

Bertempat di Aula lantai 2, kegiatan diawali dengan TPN untuk mempersilahkan Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Rudenim Semarang untuk menyampaikan yel-yel. 

Adapun peningkatan sarana prasarana (sarpras), kualitas pelayanan publik maupun inovasi yang telah dibuat Rudenim Semarang juga menjadi poin yang dijelaskan langsung Retno. 

3. Rudenim Semarang lakukan perbaikan layanan

Rudenim Semarang Fokus Tingkatkan Citra Indonesia Lewat Layanan DeteniPetugas Rudenim Semarang saat menjelaskan mengenai segala pencapaian yang diraih untuk bahan penilaian dari KemenpanRB. (IDN Times/Dok Humas Rudenim Semarang)

Selanjutnya Retno menyampaikan pemaparan bahwa dimulai dari profil, tugas dan fungsi Rudenim Semarang serta progres Pembangunan Zona Integritas yang telah dilakukan.

Setelah sesi pendalaman dan tanya jawab, Tim Penilai Nasional (TPN) memberikan saran dan masukan mengenai hasil Desk Evaluasi Wawancara dan untuk hasilnya akan dituangkan dalam Lembar Kerja Evaluasi (LKE). 

"Kami melakukan berbagai macam perubahan dalam pembangunan zona integritas.Terima kasih, kami berharap bisa dapat meraih predikat WBBM tahun ini," tambahnya. 

Baca Juga: Perkuat Mental, Irjen Kemenkumham Minta Pegawai Rudenim Semarang Kreatif dan Inovatif

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya