Sebelum Diumumkan Jadi Capres, Ganjar Rombak Pejabat Pemprov Jateng

Ganjar kini ditetapkan sebagai capres dari PDIP

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi diusung oleh PDIP sebagai calon presiden untuk kontestasi Pemilu 2024. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan langsung sosok Ganjar sebagai capres di Batu Tulis Bogor, Jumat (21/4/2023). 

Sebelum dilantik sebagai capres, Ganjar rupanya sempat melantik sejumlah pejabat struktural di lingkungan Pemprov Jateng. Ada pejabat yang dirombak. Beberapa di antaranya, merupakan wajah lama yang telah malang melintang mendampingi Ganjar sejak zaman pertama.

Pelantikan dilaksanakan usai shalat Isya dan tarawih jamaah yang diimami Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (18/4/2023) malam. 

Baca Juga: Megawati Usung Ganjar Jadi Capres Usai Dialog dengan Jokowi dan Puan

1. Ganjar Pranowo ngaku harus ada regenerasi

Sebelum Diumumkan Jadi Capres, Ganjar Rombak Pejabat Pemprov JatengWisnu Zaroh, Ema Rachmawati, Sujarwanto Dwiatmoko dan Arief Sambodo saat dilantik oleh Ganjar Pranowo dengan posisi jabatan yang baru. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Selain pejabat fungsional, Ganjar juga melantik satu pejabat fungsional. “Kami lakukan penyegaran terus, kemudian memang beberapa sudah pensiun jadi harus diisi. Nanti kami akan siapkan yang tahap kedua agar ada regenerasi yang di bawah bisa naik,” kata Ganjar.

2. Ganjar perintahkan birokrasi jadi inovator dan fasilitator

Sebelum Diumumkan Jadi Capres, Ganjar Rombak Pejabat Pemprov JatengGubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin Maimoen terlihat tersenyum saat dihampiri para pejabat yang dapat posisi baru jelang Lebaran. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ganjar mengatakan, pelantikan ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang berprestasi. Serta memberikan ruang kompetisi yang sehat dalam konteks postingan.

Musababnya, tantangan global berubah dengan cepat. Sehingga Ganjar menghindari birokrasi tak hanya mampu menjadi jangkar dan perantara, namun juga inovator dan fasilitator.

“PR-nya banyak sekali, agar beberapa pekerjaan besar bisa kami selesaikan. Tantangan globalnya berubah, dunia bikin multipolar nggak bisa gitu-gitu saja, teknologi informasi dunia digital sekarang wajib diketahui dan dipahami, maka perlu upgrade skill dari seluruh ASN-nya,” ucapnya.

3. Ganjar: Saya dan Pak Wagub sampai September

Sebelum Diumumkan Jadi Capres, Ganjar Rombak Pejabat Pemprov JatengGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan perwakilan kades, camat dan Wabup Wonogiri usai rakor di Desa Ngadirojo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar berharap dengan penyegaran mampu memunculkan inovasi baru. Artinya nanti bisa mengejar ketertinggalan pada sisa masa jabatan Ganjar-Yasin, September mendatang.

“Saya dengan Pak Wagub Gus Yasin tinggal sampai September kita akan lari kencang. Kemiskinan ekstrem-lah, stunting-lah, yang sudah kami kejar infrastruktur, termasuk menyiapkan SDM ke depan,” tegasnya.

4. Daftar pejabat struktural yang dilantik Ganjar

Sebelum Diumumkan Jadi Capres, Ganjar Rombak Pejabat Pemprov JatengGubernur Jateng Ganjar Pranowo bersalaman dengan Arief Sambodo yang selama ini jadi Kepala Disperindag. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Berikut daftar Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Ganjar: 

  • Emma Rachmawati sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM diangkat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra.
  • Sujarwanto Dwiatmoko sebelumnya Kepala Dinas ESDM diangkat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan.
  • Arif Sambodo sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai diangkat Asisten Administrasi.
  • Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kini menjabat Eddy Sulistyo Bramiyanto yang sebelumnya menjabat Kabiro Perekonomian.
  • Kepala Dinas Sosial Harso Susilo diangkat menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah; kemudian Yasip Khasani diangkat sebagai Kabiro Pengadaan Barang/Jasa.
  • Ratna Kawuri yang sebelumnya Kepala Dinas PM-PTSMP menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
  • Sedangkan jabatannya, diperkuat oleh Sakina Rosellasari yang sebelumnya menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
  • Mohammad Arief Irwanto yang sebelumnya Kepala Pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah.
  • Sinoeng N Rachmadi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga menjadi Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM.
  • Edy Supriyanta diangkat sebagai Staf Ahli bidang Gubernur Pemerintahan, Hukum, dan Politik. 
  • Wisnu Zaroh sebelumnya Kepala BKD Jateng menjadi Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama.

Baca Juga: 2 Perintah Megawati ke Kader Usai Usung Ganjar Jadi Capres PDIP

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya