Sehari Jelang Natal, 407.839 Pemudik Jakarta Bandung Masuk ke Jateng

Dishub klaim hasil random check 100 persen negatif COVID-19

Semarang, IDN Times - Arus lalu lintas di wilayah Jawa Tengah mengalami peningkatan sehari menjelang perayaan Natal 2021. Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah melansir, sudah 407.839 kendaraan dari arah Bandung dan Jakarta masuk ruas tol Jawa Tengah. 

1. Arus mudik Natal di jalur tol meningkat 23 persen

Sehari Jelang Natal, 407.839 Pemudik Jakarta Bandung Masuk ke JatengIDN Times/Prayugo Utomo

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, arus mudik sejak tanggal 17--22 Desember 2021 terpantau melonjak sebesar 23 persen.

"Pemudik yang masuk Jateng kebanyakan dari arah Barat terutama kendaraan yang dari Bandung dan Jakarta. Dari data di jalan tol arah barat sudah ada lonjakan 23 persen. Sedangkan yang melalui pintu tol arah timur juga mulai meningkat 0,8 persen. Dan untuk hari ini kita masih memantau di posko-posko perbatasan," kata Henggar kepada IDN Times, Jumat (24/12/2021). 

Baca Juga: Rumah yang ada Tamu Pemudik di Jateng Ditempeli Stiker Khusus

2. Ada 223.028 kendaraan pemudik melewati jalan raya

Sehari Jelang Natal, 407.839 Pemudik Jakarta Bandung Masuk ke JatengIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ia menyebutkan upaya pemantauan di ruas tol difokuskan pada empat titik masing-masing Pos Sarang di Kabupaten Rembang, Pos Tanjung dan Wanareja di Kabupaten Brebes dan Pos Toyogo di Kabupaten Sragen. 

Untuk sementara, lanjutnya, ada 306.792 kendaraan yang keluar dari Jawa Tengah melewati jalan tol. Selain itu, terdapat 223.028 unit kendaraan yang memasuki Jawa Tengah melewati ruas jalan raya. 

"Yang masuk ke wilayah kita lewat jalur non tol ada 223.028 kendaraan dan yang keluar Jateng ada 239.917 kendaraan. Semua petugas Dishub sudah disiagakan di masing-masing kabupaten/kota untuk mengurangi mobilitas masyarakat saat Nataru. Tentunya kesiapsiagaan juga didukung kekuatan aparat TNI dan Polri," jelasnya. 

3. Dishub Jateng klaim hasil random check 100 persen negatif COVID-19

Sehari Jelang Natal, 407.839 Pemudik Jakarta Bandung Masuk ke JatengIlustrasi tes cepat antigeng. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Ia memastikan sebagian besar pemudik merupakan pengguna mobil dan kendaraan bermotor.

Henggar mengklaim sudah berusaha melakukan random check untuk mengantisipasi masuknya penyebaran COVID-19 Omicron di Jawa Tengah.

"Hasilnya hampir 100 persen negatif COVID-19," kata Henggar. 

4. Pemudik wajib bawa kartu vaksin dan hasil tes antigen

Sehari Jelang Natal, 407.839 Pemudik Jakarta Bandung Masuk ke JatengSejumlah pemudik motor melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Ia bilang, saat ini telah meningkatkan kewaspadaan terhadap para pemudik yang berpotensi membawa virus COVID-19 Omicron. 

"Kita imbau pemudik jangan melakukan pergerakan mobilitas saat libur Natal. Sebab pandemik belum berakhir. Kalau terpaksa pulang ke kampung halamannya, maka wajib bawa hasil antigen dan kartu vaksin dengan hasil dua dosis," tandasnya.

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan saat Natal, Polda Jateng Kerahkan Tim Urai di 4 Jalur

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya